Banner sumsel

PKB Masih Berhasrat Bentuk Poros Partai Islam

JAKARTA,koranindonesia.id- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih berhasrat membentuk poros partai Islam di Pilpres 2019. Dari sisi jumlah suara di Parlemen, partai Islam cukup untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden.

“Jumlah suara PKB 47, PAN 48, katakanlah PKS (Partai Keadilan Sejahtera) 40, PPP (Partai Persatuan Pembangunan) 39 itu cukup jadi satu poros menurut UU,” kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.

Menurut dia, pembentukan poros Islam di tengah situasi bangsa saat ini sangat relevan. Gairah umat Islam saat ini sedang tinggi-tingginya menyuarakan perwakilan politik mereka di tingkat nasional.

“Tapi, bisa terwujud enggak dalam koalisi partai-partai? Masalahnya kita harus bangun komunikasi,” ujar Jazilul.

Sementara itu, sosok yang ditonjolkan jika poros partai Islam ini terwujud, masih harus dibahas lebih lanjut. Yang terpenting, kesepakatan antarelite parpol Islam sudah terbentuk, tinggal mematangkan figurnya.

“Seperti apa kerangkanya, arahnya, figurnya, itu dibahas bersama-sama. Kalau poros itu sudah jalan,” ucap Jazilul.

PKB saat ini intensif menjalin komunikasi dengan partai-partai Islam di Parlemen. Namun, pembicaraan masih sebatas menyamakan visi dan misi, belum lebih jauh membentuk koalisi besar poros parpol Islam.

“Kalau soal membentuk poros nanti, tapi komunikasi partai-partai Islam didesak juga oleh gairah keumatan. Ini PKB berdiskusi sering duduk bersama,” pungkas dia. (*)

Editor : elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.