Banner Pemprov Agustus

Pimpin Rapat Paripurna HUT ke-77,  DPR RI Kuat Rakyat Sejahtera

JAKARTA, koranindonesia.id – Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin rapat paripurna peringatan HUT ke-77 DPR. Ia pun menekankan DPR harus senantiasa bekerja secara maksimal demi kesejahteraan rakyat, termasuk komitmen menjadikan DPR sebagai parlemen yang modern.

Rapat Paripurna peringatan HUT ke-77 DPR RI digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022). HUT DPR sendiri jatuh setiap tanggal 29 Agustus.

Dalam rapat paripurna ini, Puan juga akan menyampaikan laporan kinerja DPR RI Tahun Sidang 2021-2022. Sejumlah mantan Ketua DPR ikut hadir dalam peringatan HUT ke-77 DPR.

“Kehadiran DPR RI dimulai, seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 29 Agustus 1945. Sejak Proklamasi, para pendiri bangsa, telah yang merancang pengelolaan kekuasaan negara yang demokratis, dimana terdapat pemisahan kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengatakan, kedaulatan Indonesia berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar. Puan mengingatkan, kedaulatan rakyat dilaksanakan melalui fungsi-fungsi MPR RI, DPR RI, DPD RI, Pemerintah serta kekuasaan Kehakiman.

“Dengan tata pengelolaan kekuasaan yang menganut prinsip check and balances, sebagai wujud negara yang demokratis,” ucapnya.

Puan menyebut, DPR diamanatkan oleh konstitusi untuk menjalankan fungsi legsilasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan, dan fungsi diplomasi. Pelaksanaan fungsi konstitusional tersebut, menempatkan DPR sebagai wakil rakyat yang didaulat oleh rakyat untuk mewakili rakyat dalam urusan membentuk undang-undang.

“Serta mewakili rakyat dalam urusan menyusun anggaran negara, dan mewakili rakyat dalam melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang,” tambah Puan.

Rakyat pun disebut meletakan harapannya kepada DPR dalam menjalankan kedaulatan rakyat, agar dapat menghasilkan kebijakan negara. Baik melalui produk Undang Undang, anggaran negara, maupun kinerja program pemerintah yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan yang dapat mempermudah kehidupan rakyat.

“Inilah tanggung jawab kita bersama, seluruh pimpinan dan anggota DPR RI, untuk dapat menghasilkan kerja-kerja nyata yang dapat membawa kemajuan pada bangsa dan negara kita,” tegas Puan.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.