Banner Pemprov 2020
kopri

Pilpres AS, Joe Biden Lampaui Suara Yang Pernah Diraih Barack Obama

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Kejutan kembali datang dari calon Partai Demokrat, Joe Biden. Biden pun dilaporkan telah memecahkan rekor Barack Obama untuk perolehan suara terbanyak yang pernah diberikan untuk calon presiden Amerika Serikat (AS).
Mengutip CBS News, pada pemilu 2008 lalu, Obama sempat menghebohkan publik karena sukses mencetak rekor perolehan suara populer terbanyak.

Kala itu, suara populer yang berhasil diraup Obama bahkan dikatakan sampai mencapai 69.498.516.

Namun, kini, rekor Obama tersebut justru telah dilampaui oleh mantan anak buahnya sendiri, Joe Biden.

Pada Rabu (5/11) Biden pun dilaporkan telah mengumpulkan suara sebanyak 70.470.207 (50,3 persen). Ini bahkan belum mencakup jutaan surat suara yang belum dihitung.

Sementara Biden memimpin perolehan suara populer, persaingan tetap dilaporkan ketat. Di saat yang sama, Donald Trump hanya kalah tipis dengan perolehan suara mencapai 67.280.936 (48,0 persen).

Selain itu, meski Biden sukses mencetak rekor suara populer, ini tidak akan menjamin kemenangan.

Seperti diketahui, pemenang Pilpres lebih ditentukan oleh suara electoral college, dan bukannya suara populer.

Pada pemilu 2016 lalu misalnya, Hillary Clinton tercatat memenangkan suara populer dengan hampir 3 juta suara. Namun, pada kenyataannya, ia akhirnya tumbang dari Trump yang memperoleh batas suara electoral.

Sementara terkait dengan suara electoral, hingga Rabu, Biden telah mengumpulkan 227 suara electoral. Sedangkan, suara electoral yang diperoleh Trump adalah 213 suara.

Kemudian soal battleground, Trump sendiri dikatakan telah berhasil mengamankan Ohio, Florida, hingga Texas.

Sementara, Biden tampaknya akan memenangkan Arizona yang sejak 1996 tidak pernah berpihak pada Demokrat.

CBS News juga melaporkan masih ada beberapa negara bagian yang belum selesai menghitung surat suara. Negara bagian tersebut termasuk Nevada, Arizona, Alaska, Wisconsin, Michigan, Georgia, North Carolina, dan Pennsylvania.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.