Piala Indonesia Resmi Digelar

PALEMBANG, koranindonesia.id – Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono menuturkan, Piala Indonesia 2018 akan kembali digelar. Sejak terakhir digulirkan pada 2012, yang berhasil dimenangkan oleh Persibo Bojonegoro.

“Setelah enam tahun beristirahat, dimana 2012 menjadi tahun terakhir digelarnya (Piala Indonesia), PSSI akan kembali melaksanakan turnamen Piala Indonesia dengan tajuk Everyone Can Play. Hal ini bermakna semua klub di bawah naungan PSSI dapat bermain mengikuti kejuaraan,” kata Joko saat ditemui wartawan saat pembukaan even sepakbola wanita di Hotel Excelso, Senin (30/4/2018).

Setelah Liga 1 dan Liga 2 resmi bergulir, gelaran sepakbola tanah air akan kembali diramaikan dengan Piala Indonesia 2018. Dalam kompetisi ini, yang biasanya dilakukan dengan sistem gugur, seluruh klub mulai dari Liga 1 hingga Liga 3 dapat ambil bagian dengan total mencapai 128 klub.

Kehadiran Piala Indonesia sudah ditunggu-tunggu, sebab kejuaraan satu ini telah vakum selama enam tahun. Itu artinya, 2012 merupakan tahun terakhir diselenggarakannya turnamen yang dimenangkan oleh Persibo Bojonegoro.

PSSI, selaku induk sepakbola di Indonesia, telah resmi mengumumkan jika Piala Indonesia akan digelar mulai 8 Mei 2018 mendatang, dengan tajuk Everyone Can Play atau semuanya dapat bermain.

Rencananya, pengundian Piala Indonesia akan dilakukan pada 3 Mei 2018 mendatang di Stadion Pakansari, Bogor. Kemudian, lima hari setelahnya, babak pertama akan mulai dilakukan. Kompetisi ini digelar ketika Anniversary Cup 2018 yang mempertemukan timnas Indonesia dengan tiga negara Asia selesai.

Format kompetisi juga tidak akan berubah dari sebelumnya, yakni menggunakan babak 128 besar dan 64 besar dengan format satu kali pertandingan. Ketika masuk ke babak 32 besar, mereka memastikan tim yang berlaga akan menggunakan sistem dua leg atau kandang dan tandang.

Piala Indonesia pertama kali digelar sejak 2005 silam. Kemudian, secara berkala, kompetisi tersebut dilanjutkan hingga terakhir pada 2012. Di edisi terakhir, Persibo Bojonegoro berhasil keluar menjadi kampiun setelah menundukkan Semen Padang di partai puncak dengan skor 1-0.

Sementara itu, Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) mengatakan, telah mendapatkan surat resmi terkait bergulirnya lagi Piala Indonesia. Dengan nomor surat 1717/AGB/210/IV-2018. Pihaknya pun telah menyampaikan ke jajaran manajemen dan Presiden Klub. “Kita tinggal tunggu drawing saja. Kalau untuk surat sudah kita terima,”kata Faisal.(mul)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.