Banner Pemprov Agustus

Piala AFF U-19, Timnas Indonesia Tersingkir dengan Terhormat

JAKARTA, koranindonesia.id – Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal melangkah ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022. Kemenangan 5-1 atas Myanmar di laga terakhir grup A yang berlangsung Minggu (10/7/2022) malam WIB tak cukup untuk membawa Garuda Nusantara lolos ke babak knock out.

Gagalnya timnas Indonesia U-19 menyegel tiket ke semifinal tidak lepas dari hasil imbang 1-1 yang didapat Thailand U-19 kontra Vietnam U-19 pada pertandingan lain membuat kedua tim itu sama-sama memastikan tiket ke babak semifinal.

Persaingan di grup A Piala AFF U-19 sendiri memang berlangsung ketat. Tiga tim teratas, Thailand U-19, Vietnam U-19, dan timnas Indonesia U-19 sama-sama mengoleksi  11 angka dari lima pertandingan.

Garuda Nusantara sendiri harus puas untuk di peringkat tiga klasemen akhir grup A karena dalam dua pertandingan kontra pesaingnya itu hanya bermain dengan skor kacamata.

Hasil 1-1 yang didapat Thailand U-19 vs Vietnam U-19 di laga terakhir itu membuat kedua tim tersebut unggul produuktivitas gol di antara tiga tim teratas. Yang cukup disayangkan pada pertandingan itu, kedua tim sangat kentara menahan diri ketika skor dalam kondisi sama kuat 1-1. Vietnam U-19 yang lebih banyak menguasai bola tidak menunjukkan inisiatif untuk menyerang dengan terus memainkan bola di lini pertahanan sendiri.

Sebaliknya, Thailand U-19 juga terlihat sangat ingin menyudahi laga dengan skor 1-1, mereka sama sekali tidak melakukan pressing dan membiarkan pemain lawan sangat leluasa melakukan passing berulang di lini pertahanan sendiri.

Untuk Garuda Nusantara sendiri, meski gagal lolos, mereka berhak pulang dengan kepala tegak dan terhormat karena menunjukkan semangat sportivitas sampai pertandingan terakhir. Hanya keberuntungan saja yang belum berpihak terhadap Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan.

Hasil kurang baik pada turnamen kali ini tentunya jadi pelajaran berharga timnas Indonesia U-19 yang tengah dipersiapkan untuk menghadapi turnamen lebih bergengsi, yakni Piala Dunia U-20 2023 yang juga akan berlangsung di tanah air.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.