Banner Pemprov 2020
Muba 21 Juli

PHK, Ratusan TKI Minta Dipulangkan ke Daerah Asal

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) dari Negeri Sabah, Malaysia, minta dipulangkan langsung ke kampung halaman karena diberhentikan (pemutusan hubungan kerja/PHK) oleh sejumlah perusahaan kelapa sawit, perkebunan dan pertanian.

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu, membenarkan hal ini, dimana ratusan PMI yang dideportasi ke Kabupaten Nunukan meminta langsung di pulangkan ke daerah asalnya selama wabah COVID-19.

“Memang perusahaan-perusahaan di Sabah melakukan PHK besar-besaran terhadap pekerjanya, lalu PMI minta dipulangkan ke daerah asalnya di Indonesia,” ujar Kepala BP2MI Nunukan, Kombes Pol Viktor Hotma Sihombing di Nunukan.

Kepastian PMI yang dipulangkan langsung ke kampung halamannya, melalui pendataan yang dilakukan pihak Kantor Perwakilan Indonesia di Negeri Sabah sebelum dideportasi ke Kabupaten Nunukan.

Ia pun menyatakan pemulangan PMI dari Negeri Sabah selama pandemi COVID-19 ini dibagi dua kelompok. Kelompok pertama, PMI yang dipulangkan berdasarkan jadwal kapal ke Parepare, Sulsel, dan kelompok PMI yang tinggal di Kabupaten Nunukan dan sekitarnya untuk mencari pekerjaan.

Menyinggung soal dana pemulangannya dari Kabupaten Nunukan menuju daerah asalnya para PMI, Viktor mengakui dibiayai oleh negara melalui Kantor BP2MI Nunukan.

“Semua biaya pemulangannya ditanggung negara melalui BP2MI Nunukan,” kata dia, dikutip koranindonesia.id dari antara.

PHK yang dilakukan perusahaan-perusahaan atau majikan di negeri jiran ini, akibat wabah COVID-19 yang turut melanda Malaysia. (Ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.