Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Pesona Lukisan Wayang Pada Pameran Lukisan Seniman Muda Rusia

Jakarta,Koranindonesia.id-Empat lukisan bertema wayang dengan sentuhan nuansa batik tampil mempesona di antara sekitar seratus lukisan karya dua puluh seniman muda Rusia pada pameran lukisan bertema ‘Cat Minyak dan Akrilik’ di Galeri Seni “Want and Paint” di Moskow. Pameran lukisan dibuka pada 24 Agustus 2020 dan akan berlangsung hingga 29 Agustus 2020.

Lukisan-lukisan tersebut merupakan karya seorang Indonesianis muda di Rusia, Volodymyr Kyrychenko. Masing-masing lukisan menampilkan keunikan tersendiri yang menampilkan sosok tokoh wayang Rama dan Sinta, Arjuna, dan Cepot, dengan sapuan warna-warni bernuansa batik. Keempat lukisan Volodymyr diberi judul “Wayang Golek: He Loves Her”, “Arjuna”, “Whisper” dan “Cepot”.

Berbekal pengalaman tinggal, sekolah S2, dan bekerja di Jakarta selama sekitar 2 tahun, ia yang kerap disapa teman-teman Indonesianya dengan nama Vladimir Kiri, berupaya memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Rusia melalui karya lukisnya.

“Keempat lukisan bertema wayang dan batik sangat menonjol, berkarakter dan unik di antara semua lukisan yang dipamerkan,” ungkap Wakil Duta Besar Indonesia di Moskow, Azis Nurwahyudi saat mengunjungi pameran lukisan. Azis  juga memberikan semangat kepada Vladimir Kiri yang turut mendampinginya untuk memberikan penjelasan singkat atas keempat lukisan yang dipamerkan.

Lukisan berjudul “Wayang Golek: He Loves Her” yang menampilkan  sosok Rama dan Sinta dalam balutan kostum batik aneka warna yang  serasi, mendapat tempat khusus di hati para pengunjung. Goresan lukisan wayang golek ini memberikan nuansa warna yang elegan dan serasi serta penggambaran motif batik yang indah. Beberapa pengunjung pameran menyatakan kekaguman bahwa sebuah lukisan mampu memberikan cerita sejarah dan budaya dari suatu negara, Indonesia.

“Saya berharap melalui karya lukisan yang saya hasilkan ini akan memberikan makna dan kesan tersendiri kepada khalayak di Rusia dan turut lebih memperkenalkan budaya Indonesia,” ungkap Vladimir Kiri.(Kemenlu)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.