Banner sumsel

Perusahaan Wajib Hargai Pekerja Perempuan

PALEMBANG, koranindonesia.Id – Perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja perempuan diwajibkan memberikan penghargaan atas kodratnya. Sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak nomor  7/2014.

Kasi Pemberdayaan Ekonomi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Titin Sumarni mengatakan, mengacu kepada aturan tersebut, maka perusahaan wajib memberikan penghargaan kepada perempuan. Berdasarkan catatan, di tempat-tempat kerja (perusahaan) lebih dari 50 persen merupakan tenaga kerja perempuan.

“Angkanya separuh dari tenaga kerja laki-laki. Pemberi kerja harus memahami kodrat wanita dan memberikan penghargaan dalam artinya memahami bagaimana supaya mereka nyaman dalam bekerja,” katanya usai memberikan materi pada Sosialisasi dan Advokasi Perlindungan Tenaga Kerja Perempuan, di RM Sri Melayu, Selasa (2/10/2018).

Berdasarkan permenaker tersebut, Titin mengatakan, sebetulnya perusahaan harus memberikan cuti kepada wanita haid di hari pertama dan kedua. “Dua kali dalam sebulan, tapi ini sangat jarang dilakukan terutama di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, perempuan mengalami masa hamil dan melahirkan. Perusahaan semestinya memberikan cuti dua bulan sebelum dan dua bulan setelah melahirkan. Hanya saja saat ini hanya cuti diberikan 3 bulan saja.

Tak hanya itu, perusahaan juga harus menyediakan ruang laktasi. Ini sangat bermanfaat bagi pekerja perempuan yang sedang dalam tahap menyusui. Selain bisa membawa anaknya untuk disusui, di ruang laktasi juga bisa digunakan untuk memompa ASI.

“Lagi-lagi hanya perusahaan besar yang baru menyediakan, di Indonesia saja baru 60 persen. Belum lagi di daerah dan perusahaan menengah ke bawah,” jelasnya.

Titin mengakui, aturan dari menteri tersebut lemah dari sisi penegakan hukum. Hanya sebatas himbauan yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh perusahaan pemberi kerja tenaga perempuan.

“Jika pekerja diberi penghargaan seperti demikian, dipastikan kualitas kerja pun akan produktif dan ini sangat baik juga bagi perusahaan,” terangnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.