Perusahaan Jangan Hanya Ambil Keuntungan 

Lahat,KoranIndonesia.id—Ratusan perusahaan di Lahat,  tampaknya belum memberikan kontribusi yang maksimal bagi Kabupaten Lahat.  Betapa tidak keberadaan perusahaan yang bergerak diberbagai bidang seperti pertambangan,  perkebunan termasuk juga BUMN dan BUMD belum mampu melepaskan ‘belenggu’ status kabupaten Lahat,  sebagai kabupaten termiskin ketiga di Sumsel.
 
“Perusahaan harusnya malu kabupaten ini masih berlabel kabupaten termiskin.  Padahal di Lahat banyak perusahaan, “ungkap Bupati Cik Ujang,  SH, saat membuka kegiatan Forum CSR-PKBL, dengan tema tingkatkan sinergitas dan kemitraan dalam mewujudkan pemerataan pembangunan menuju lahat bercahaya, di Hotel Grand Zuri,  Lahat,  Selasa (26/11).
 
Untuk itu Cik meminta perusahaan dapat memberikan kontribusi yang besar.  Tidak saja melalui CSR namun juga bentuk bantuan lain seperti menjadi pembina bagi warga yang melakoni ekonomi kreatif,  membangun tempat wisata,  kuliner dan sektor lain.  Dikatakan Cik Ujang,  Pemkab Lahat sendiri punya keterbatasan khususnya soal dana untuk membangun.  Dengan partisiasi perusahaan,  percepatan pembangunan akan lebih maksimal dan Lahat bisa keluar dari kemiskinan.  
 
“Cari duitnya di Lahat,  ambil kekayaan di Lahat tapi hasilnya dibawah ke daerah lain.  Perusahaan juga punya tanggungjawab dan sudah mestinya petusahaan berperan bagi kemajuan masyarakat Lahat, ” tegas Cik Ujang,  dihadapan perwakilan perusahaan.  
 
Sementata,  Sekretaris Badan CSR-PKBL, Syahrul, mengajak agar semua perusahaan kompak dan terbuka dalam merealisasikan CSR. Disinggung Syahrul,  perusahaam harus mampu berubah dan merubah dalam memberikan peranya bagi masyarakat. Kontribusi melalui CSR akan tercapai jika semua perusahaan kompak. Dikatakanya,  kekayaan alam Lahat,  sangat besar untuk kemajuan negara ini.  
 
“selain itu perusahaan juga komitmen terhadap nilai konservasi,  lingkungan hidup dan kesalamatan tenaga kerja, “katanya.  
 
Sementara,  Kepala Bappeda Lahat,  Herman Oemar, menuturkan forum CSR merupakam wadah bagi perusahaan untuk melaksanakan kewajiban.  Forum itu juga sebagai wadah komitmen perusahaan.  (Sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.