Banner sumsel

Permudah Pengurusan Perizinan, Pemkot Hadirkan Mal Pelayanan Publik di Jakabaring

PALEMBANG, koranindonesia.id – Untuk memudahkan layanan dan menghindari adanya pungutan liar (pungli), layanan perizinan yang dipusatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) dilakukan secara online. Nantinya, pemohon hanya tinggal masuk ke website www.dpmptsp.go.id untuk mengisi form dan mengikuti petunjuk lainnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang, Akhmad Mustain mengatakan, MPP ini sengaja dibangun dan terpusat sendiri di Jakabaring, sebagai pusat seluruh layanan. MPP ini dilengkapi dengan aplikasi yang mengintegrasikan seluruh layanan publik. “Ini untuk mempermudah pengurusan perizinan. Masyarakat tidak perlu datang cukup lewat aplikasi yang kita sediakan,” katanya kepada media di Palembang, Senin (22/4/2019).

Menurutnya, pemohon cukup masuk ke website atau download melalui playstore yang saat ini sedang disiapkan. Kemudian pemohon mengisi form yang ada, melakukan scan dan upload. “Kita terima, kemudian kita yang akan mengirimkan ke instansi terkait by sistem untuk diverifikasi valid atau tidak, jadi tidak usah lagi datang kesini,” jelasnya.

(FOTO/IST)

Karena semua layanan ini nantinya akan online, maka pihaknya sudah mendaftarkan semua tanda tangan kepala dinas ke Badan Siber Nasional untuk memenuhi proses perizinan digital ini. “Saat ini baru kesehatan saja yang secara online, seperti prakter dokter, perawat, karena tenaga kesehatannya paham IT. Kedepan, semua jenis layanan tidak ada tatap muka pemohon dengan kami,” jelasnya.

Mal Pelayanan Publik yang dibangun menurutnya, tidak hanya akan memberikan pelayanan perijinan dan non perijinan oleh DPM-PTSP saja. Akan tetapi akan ada pelayanan lainnya seperti, pelayanan kependudukan, pelayanan pajak dan retribusi daerah, pelayanan air dan listrik, pelayanan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, jasa raharja, bea cukai, imigrasi, pelayanan perbankan bahkan pelayanan pertanahan dan kepolisian. “Kita ingin memberikan pelayanan yang terintegrasi melalui Mall Pelayanan Publik. Sehingga akan lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai jenis pelayanan,” pungkasnya.

(iya).

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.