Perlu Sinergis dalam Upaya Pemadaman Kebakaran Hutan Sumsel

JAKARTA, koranindonesia.id – Senator Sumatera Selatan, Amaliah mendorong percepatan upaya pemadaman kebakaran hutan di Sumsel.

“Masalah ini sdh hampir jadi masalah musiman di setiap musim kemarau, tapi antisipasi dan usaha preventifnya terlihat kurang dijalani secara sinergis baik oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat,” kata Amaliah saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).

Menurut Amaliah yang saat dihubungi mengaku sedang berada di Bandung untuk wisuda program MBA nya di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, masalah lingkungan hidup menjadi perhatian senator muda asal Palembang ini karena beliau masuk ke dalam Komite 2 yang membidangi masalah ini. Lebih dari itu Amaliah juga masuk ke dalam Tim Kerja Pemgawasan UU no. 32 tentang Perlundungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Lebih jauh Amaliah menyatakan bahwa masalah kabut asap dan kebakaran hutan yang telah melanda Sumsel selama beberapa minggu terakhir ini ikut menurunkan kualitas hidup orangtua, ibu dan anak2 di wilayah Sumsel.

Masalah ekonomi jelas terdampak karena banyak kegiatan ekonomi yang tertunda atau terganggu karena masalah asap ini. Oleh karena itu langkah cepat, responsif serta sinergis dari Pemerintah amatlah ditunggu oleh masyarakat.

Pemerintah Pusat perlu menyertakan partisipasi penduduk lokal juga dalam pencegahan dan pemadaman api. “ Dana yang dipergunakan sebaiknya juga disalurkan ke penduduk lokal karena mereka berada di garis terdepan dan paling terdampak akibat kebakaran hutan yang terjadi” tutur Amaliah. (Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.