Perkuat Arus Ekonomi Melalui Pelabuhan, Gubernur Resmikan Proyek Strategis di Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, koranindonesia.id – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun menjelaskan, Kepulauan Riau yang memiliki jumlah kawasan laut lebih besar (96%) dari daratan (4%) harus mampu berdaya saing tinggi. Salah satunya adalah, mempercepat arus ekonomi salah satunya dengan ketersediaan dan layaknya pelabuhan.

“Sarana dan prasarana pelabuhan harus terus ditingkatkan karena arus ekonomi di Kepri dimulai dari pelabuhan,” ujar Nurdin saat meresmikan sejumlah proyek strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri tahun anggaran (t.a) 2018 yang dipusatkan di Pelabuhan Pelantar II, Tanjungpinang (4/4/2019) pagi.

Nurdin melanjutkan, arus tersebut salah satunya adalah proses bongkar muat yang mana saat ini Tanjungpinang sebagai ibukota sudah termasuk padat pergerakannya. Kegiatan bongkar muat harus lebih efektif dan efisien, sehingga inflasi dapat terus ditekan dan tentunya kebutuhan masyarakat terpenuhi dan tercukupi. “Arus barang lancar, kebutuhan masyarakat terpenuhi. Tentu pengembangan ini kita terus upayakan, tidak hanya di ibukota, di Kabupaten/Kota juga terus kita dorong,” lanjut Nurdin.

Beberapa titik permasalahan di daerah menurut Nurdin juga terus diupayakan selesai, seperti masalah kekeringan juga potensi banjir di kala musim hujan tiba, yang menyebabkan beberapa titik lokasi perumahan menjadi tergenang air harus segera dicarikan solusi kedepan. Maka sinergitas antar pemerintah daerah dikatakan Nurdin, pun perlu untuk terus ditingkatkan, kemudian tidak hanya itu sinergi dengan masyarakat juga diperlukan. “Peran masyarakat penting dari segala sektor saling bekerjasama, dan bahu membahu dalam mencapai keberhasilan pembangunan,” pungkasnya.

(FOTO/IST)

Sementara itu, Sekda Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah melaporkan, bahwa peresmian sejumlah proyek strategis ini sebagaimana arah kebijakan dan prioritas pembangunan, Pemrpov Kepri berkomitmen untuk melakukan percepatan pembangunan di segala bidang termasuk infrastruktur. “Dengan telah resminya sejumlah proyek ini diharapkan, dapat segera beroperasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujar Arif.

Adapun sejumlah proyek yang diresmikan adalah pengembangan dan peningkatan Pelabuhan Kuala Riau (Pelantar 1 dan 2), peningkatan Dermaga Sri Indera Sakti Pulau Penyengat, pembangunan fasilitas Parkir Becak Pulau Penyengat dan pembangunan gedung Kantor HMI. Selain itu, terdapat sejumlah pembangunan yang terus dilakukan seperti penataan kawasan pulau Dompak, pintu masuk, jalan masuk Kawasan Pemprov Kepri, jalan masuk kawasan Kantor DPRD, peningkatan kawasan pemukiman masyarakat Kp Bugis, renovasi perumahan di Kawasan Teluk Keriting, dan pengadaan Transportasi laut.

Adapun untuk pengembangan dan peningkatan Pelabuhan Kuala Riau (Pelantar 1 dan 2) yang mana proyek itu sendiri telah berjalan sejak 2017, dengan total anggaran sebesar Rp32 miliar pengerjaan meliputi konstruksi dermaga, tambatan kapal, ruang tunggu, tambatan tali dan pintu pagar dengan total panjang pelabuhan sepanjang 200 M. “Sebelumnya perlu 5-7 hari setelah direnovasi proses bongkar muat dapat langsung selesai,” lapor Arif.

Kemudian untuk peningkatan Dermaga Sri Indera Sakti Pulau Penyengat dengan pagu anggaran sebesar Rp2,6 miliar meliputi perbaikan ponton, pelantar, dan ruang tunggu, dan pembangunan fasilitas Parkir Becak Pulau Penyengat dengan pagu anggaran sebesar Rp1,4 miliar. “Pembangunan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi warga dan wisatawan, dengan tersedianya fasilitas di pelabuhan dan kawasan parkirnya,” lanjut Arif.

Kemudian untuk pembangunan gedung Kantor HMI sendiri dibangun di tanah seluas 418 meter persegi dengan luas bangunan 224 meter berlantai dua. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan antara lain 1 unit Cold Storage Mobile, untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, peralatan bakar otak-otak sebanyak 20 set bagi pelaku usaha IKM, mesin jahit sebanyak 30 buah pelaku usaha IKM di Tanjungpinang dan Bintan, serta 250 bingkisan sembako untuk buruh dan pekerja di pelantar 1 dan 2.

(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.