Banner Pemprov 17 Agustus

Perjuangan KPPS Ulu Ogan, Tujuh Jam Membelah Hutan Antarkan Logistik Pemilu

BATURAJA, koranindonesia.id – Setelah hampir tujuh jam berjuang melewati medan terjal dengan kontur perbukitan, akhirnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), tiba di tempat pemungutan suara di TPS 3 dan TPS 4 desa setempat.

Dua TPS  ini berada jauh dari pusat Desa Mendingin, sekitar 12 jam perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki, atau 5-7 jam dengan menggunakan sepeda motor gunung yang sudah dimodifikasi. Tak mudah bagi petugas untuk menjangkau daerah ini, ada beberapa kendaraan yang membawa logistik yang sempat terjatuh,  namun meski demikian tak ada kotak suara yang rusak karena sudah diantisipasi dengan membuat kerangka.

Para petugas KPPS dengan dikawal personel polisi dan TNI membelah hutan kawasan bukit barisan itu, untuk mencapai lokasi TPS yang sudah berbatasan dengan Kabupaten OKU Selatan ini,  agar kotak suara tidak rusak saat dibawa, petugas sengaja membuatkan kerangka dari kayu agar tahan benturan hingga tiba di lokasi yang dituju. “Saat ini musim hujan, jalan menuju dua TPS di Desa Mendingin ini licin dan susah dilalui, sehingga untuk membawa kotak suara tersebut dibuatkanlah kerangka agar tahan benturan, ” ujar Ketua PPK Kecamatan Ulu Ogan Joni Rusdi Hadi, kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

(FOTO/IST)

Karena jarak tempuh yang jauh, kotak suara yang berisi surat suara tersebut berangkat pagi sekali sekitar pukul 06.00 WIB,  dan tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB. Logistik pemilu tersebut sudah tiba di dua TPS di Talang Beringin dan Talang Singe Lage, Desa Mendingin. “Perjalanannya di awasi oleh petugas TPS,  kepolisian dan TNI,  pagi ini seluruh logistik dikirim serentak,  namun untuk dua TPS ini diberangkatkan lebih awal, karena memakan waktu tempuh yang cukup lama,” jelasnya.

Di TPS 3 Talang Beringin terdapat  189 mata pilih, sementara untuk TPS 4 Talang Singe Lage terdapat 231 jiwa pemilih yang berhak menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, 17 April 2019, besok.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.