Banner Pemprov Agustus

Peringati HUT RI dan DPR ke-77, PIA DPR RI Gelar Donor Darah

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Bulan Agustus menjadi bulan yang bersejarah sekaligus membahagiakan bagi Bangsa Indonesia. Setidaknya dua hari bersejarah tercipta di bulan Agustus. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang diperingati setiap 17 Agustus, serta Hari Lahir Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada 29 Agustus 1945.

Memperingati HUT ke-77 DPR RI, Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI menyelenggarakan donor darah di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu (24/8/2022).

Sebelumnya, pada Kamis (18/8/2022) lalu, PIA DPR RI menggelar tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 RI.

“Kegiatan donor darah ini kami gelar sebagai bagian dari rangkaian agenda PIA DPR RI di bulan Agustus ini. Setelah peringatan HUT RI dengan tabur bunga dan ziarah ke TMP Kalibata kemarin. Kali ini, kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-77 DPR RI yang jatuh pada tanggal 29 Agustus mendatang,”ujar Ketua Umum PIA DPR RI Tri Hatmanti Utut Adianto.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua PIA DPR RI Ade Rachmat Gobel juga menjelaskan bahwa PIA DPR RI sebenarnya ingin menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait perayaan HUT ke-77 DPR RI seperti tahun-tahun sebelum pandemi melanda. Namun, hal tersebut urung dilakukan karena kasus Covid-19 yang kembali merangkak naik dan status pandemi yang juga belum usai sehingga acara difokuskan pada kegiatan sosial.

Terkait dengan acara donor darah, Rustini Muhaimin Iskandar berharap kegiatan sosial ini bisa rutin dilakukan mengingat tingginya kebutuhan darah di DKI Jakarta dan daerah penyangganya. Melalui acara serupa, PIA DPR RI bisa ikut berkontribusi dalam membantu pihak-pihak yang membutuhkan.

Senada dengan Wakil Ketua PIA DPR RI tersebut, Ayu Marwan Cik Asan, selaku ketua Panitia Donor Darah PIA DPR RI mengatakan bahwa donor darah selain bertujuan untuk membantu sesama sejatinya juga bermanfaat untuk pendonor itu sendiri. Donor darah secara rutin dapat merangsang pembentukan sel darah merah yang baru, sehingga membuat tubuh lebih sehat. Hal ini juga diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal DPR RI saat membuka acara donor darah tersebut.

“Kegiatan donor darah merupakan salah satu aksi kemanusiaan yang memiliki banyak manfaat bagi penerima maupun para pendonor. Darah yang kita sumbangkan dapat menolong dan menyelamatkan jiwa. Adapun bagi pendonor kegiatan ini selain memupuk jiwa kemanusiaan juga bermanfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan produksi sel darah merah, memperlancar aliran darah dan mencegah penyumbatan arteri,” tutur Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar.

Di sela kegiatan, Ayu Marwan Cik Asan juga menjelaskan bahwan gelaran donor darah ini diselenggarakan oleh PIA DPR RI masa bakti 2019-2024 bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta, Korpri Setjen DPR RI serta Keluarga Sehat Donor Darah (KSDD) DPR RI. Acara ini terbuka bagi seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan kompleks parlemen.

Hadir pula pada acara tersebut Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI DKI Jakarta. Menjawab simpang siur terkait transaksi “penjualan” darah kepada pasien di rumah sakit, Syarifudin menjelaskan bahwa seharusnya tidak ada dana yang dibayarkan oleh keluarga pasien ke unit PMI. Dana penggantian reagen dan kantong darah dibayarkan oleh rumah sakit kepada PMI melalui skema BPJS. Hingga Saat reagen dan kantong darah yang digunakan oleh PMI belum bisa diproduksi secara lokal dan masih harus melalui proses impor.

“Darah ini sudah ditanggung negara oleh BPJS memang bayarnya ke rumah sakit tidak ke PMI. Jadi di PMI tidak ada transaksi-transaksi seperti itu karena sudah di-handle oleh BPJS. BPJS lah yang membayar ke rumah sakit dan rumah sakit yang mengganti pembelian reagen dan kantong darah yang kita masih impor ya. Itu dibayar oleh rumah sakit oleh BPJS,” jelasnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.