Banner Pemprov 2020
Banner september

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Gowes Bersama Keluarga

Jakarta,Koranindonesia.id-Bersepeda bersama keluarga bisa menjadi aktivitas pengganti jalan-jalan ke tempat rekreasi selama pandemik COVID-19.

Selain menyebarkan semangat hidup sehat, bersepeda bersama juga bisa meningkatkan hubungan anggota-anggota keluarga.

Agar gowes sekeluarga ini tetap menyenangkan dan aman, berikut tips-tips yang bisa diikuti

1. Siapkan perlengkapan gowes

Perlengkapan gowes yang tak boleh ketinggalan adalah helm. Ini berlaku bahkan jika keluarga hanya mutar-mutar santai di dalam komplek. Menggunakan helm bisa membantu untuk melindungi dan meminimalisasi dampak benturan pada kepala saat terjatuh.

Ketika gowes, kenakan pakaian berwarna terang untuk meningkatkan visibilitas keluarga saat di jalan. Jika memang gowes dilakukan saat kondisi agak gelap, melengkapi sepeda dengan lampu depan dan belakang bisa jadi ide yang baik.

Selain itu, siapkan juga air minum dan makanan ringan untuk mengisi energi dan mencegah dehidrasi selama di perjalanan.

2. Tetap perhatikan keamanan sebelum dan saat gowes

Gowes bersama keluarga adalah aktivitas yang menyenangkan. Namun, ini bukan berarti tidak memerhatikan keamanan.

Cara yang bisa dilakukan untuk menularkan kesadaran akan keamanan saat gowes adalah mengajarkan anak atau anggota keluarga lain simbol-simbol tangan.

Selain itu, cek kesiapan sepeda. Orang tua bisa juga mengajarkan anak-anak bagaimana cara mengecek sepeda mereka sendiri, seperti cek pengereman dan cek ban sepeda.

Saat di jalan, pastikan semua anggota keluarga tidak terpisah-pisah. Pastikan juga untuk gowes di sisi kiri jalan supaya mengantisipasi kendaraan bermotor yang lewat.

3. Pilih rute yang ramah anak

Rute yang dipilih juga menentukan kelancaran gowes bersama keluarga. Terlebih ketika gowes bersama anak-anak, mereka tidak hanya membutuhkan keamanan tetapi juga kenyamanan dari interaksi bersama anggota keluarga lainnya.

Karenanya, pastikan bahwa rute yang akan ditempuh adalah rute ramah anak. Hindari rute perbukitan, jalanan yang sibuk, dan rute-rute yang sulit dinavigasikan anak-anak.

Atur juga agar perjalanan tidak terlalu jauh untuk anak-anak. Rute yang terlalu jauh bisa dianggap oleh anak-anak sebagai terlalu sulit dan membosankan.

Rute yang lebih pendek bisa menjaga anak-anak tetap semangat dan ingin gowes lebih banyak di kemudian hari.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.