Call Center
Banner Muba 23 – 31 Juli 2021

Percepat Geliat Pembangunan 70 Desa  Persiapan, Herman Deru Kucurkan Dana Stimulan

 

PALEMBANG,koranindonesia.id– Sebanyak 70 desa persiapan  tersebar   di   7 kabupaten dalam   Provinsi Sumsel mendapatkan kucuran dana bantuan keuangan stimulan  dari Pemerintah Provinsi sebagai  yang dialokasikan untuk  pemberadaan masyarakat desa.

 

Adapun total dana yang dikucurkan Gubernur Herman Deru bagi ke 70 desa persiapan tersebut sebesar Rp. 7 Milyar. Dengan rincian  desa yang menerima meliputi ; Kabupaten OKU  Timur sebanyak 20 desa persiapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) 16 Desa persiapan.  Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) 2 desa persiapan, Kabupaten Pali 26 desa persiapan, Kabupaten Musi Banyuasin 2 desa persiapan, Kabupaten Banyuasin 3 desa persiapan dan Kabupaten Muara Enim 1 desa persiapan.

 

Saat  memberikan arahan pada penyerahan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  yang juga dirangkaikan dengan  penyerahan hadiah bagi  pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 di Griya Agung Palembang, Jumat (8/10) pagi. Gubernur Herman Deru  menegaskan, Pemprov mengambil inisiatif untuk registrasi desa-desa persiapan yang diakui pada tingkat provinsi. Sembari menunggu  amandemen dan  perubahan pasal yang mengatur desa persiapan teregister di Kementerian Dalam Negeri.

 

“Inisiatif ini diambil langsung oleh Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menyeimbangkan,  meski tidak sama dengan desa definitif.  Paling ini dapat membantu dalam  menjalankan roda pemerintahan dalam mengelola sumberdaya desanya,” tegas Herman Deru.

 

Herman Deru  berharap   dana   yang dikucurkan  Pemprov bagi desa-desa persiapan tersebut dapat  dipergunakan dengan   sebaik-baiknya untuk  pembangunan dan pengembangan usaha-usaha produktif  yang ada  desa.

 

“Kegunaannya juga ada untuk Tim Penggerak PKK  desa sebanyak 25 persen,  jadi  gunakan untuk program sudah disusun. Tahun depan desa persiapan ini  akan kita  lombakan  untuk melihat geliat program PKK-nya,” imbuh Herman Deru.

 

Dia juga mengingatkan agar geliat pembangunan di 70 desa persiapan tersebut dapat berjalan sebab jika tidak terlihat pada   tahun depan   dana stimulan tersebut akan diputus atau  tidak diberikan  lagi.

 

“Ini kita berikan sebagai   stimulan, kalau tidak ada dampak pembangunannya  untuk apa. Maka pertanggungjawabannya  fakta dilapangan,  yang jelas saya ingin ada perubahan,” tandasnya sembari mengingatkan Pemkab/ Pemkot untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong Sumsel Mandiri Pangan yang diharapkan akan berdapak pada  upaya mengurangi kemiskinan.

 

Sementara itu  Plt. Kepala Dinas Pemberdaat Masyarakat Desa (PMD) Prov. Sumsel,  H. Wilson menjelaskan sebanyak 70 desa persiapan tersebar di 7 Kabupaten di Sumsel mendapatkan alokasi bantuan dari Pemprov Sumsel  di Tahun 2021 dengan total Rp 7 Miliyar. Dimana  masing-masing desa persiapan  tersebut mendapatkan dana stimulan senesar Rp.100 juta.

 

“Dana tersebut diperuntukan sebagai dana pada  kegiatan TP PKK, kegiatan kepemudaan dan olahraga, kegiatan posyandu, pengadaan kendaraan operasional roda dua. Operasional Kades dan perangkat. Pengadaan sarana dan prasaran kantor desa, serta biaya alat tulis kantor dan pelaporan,”  paparanya.

 

Dalam kesempatan itu  Gubernur Herman Deru menyerahkan tropi   untuk desa yang menjadi pemenang pada lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sumsel tahun 2021. Dimana yang menjadi pemenang Juara 1  Desa Tanjung Makmur Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten OKU.  Juara II Desa Enggal Rejo Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin, Juara III Desa Sukamaju Kec. Lempuing OKI.

 

Sedangkan juara harapan I Desa Sidomulya Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Juara harapan II Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabuapaten Musi Banyuasin. Sedangkan untuk  lategori kelurahan diraih   Kelurahan Puncak Kemuning Kecamatan Lubuk Linggau Utara Kota Lubuk linggau.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.