Banner sumsel

Percepat Evakuasi dan Pembersihan Palu-Donggala, Pemerintah Tambah Alat Berat

PALU,koraindonesia.Id-Guna mempercepat proses evakuasi dan pembersihan dampak gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) menambah alat berat. Menyusul adanya instruksi dari Presiden saat meninjau penanganan tangkap darurat korban gempa dan tsunami pada Rabu lalu.

Menteri PURR, Basuki  Hadimuljono, sejumlah alat berat tambahan saat ini sudah dioperasikan untuk mendukung percepatan penanganan.

Dalam masa tanggap darurat, Kementerian PUPR fokus untuk membantu evakuasi korban, penyediaan prasarana sarana air bersih dan sanitasi, pembersihan kota dari puing-puing, serta kemudahan konektivitas.

“Alat berat kami sudah masuk yakni 6 unit di Petobo dan 4 unit di Balaroa termasuk 1 excavator dengan stone breaker dan akan kita tambah lagi mengingat luasnya wilayah terdampak. Diperkirakan banyak korban jiwa akibat likuifaksi,” jelas Menteri Basuki, kemarin.

Selain itu juga sudah digunakan 4 excavator, 1 dump truck, 1 unit loader di Balaroa. Di Petobo telah ditempatkan 7 excavator, 1 backhoe loader, 1 dump truck. Tambahan 2 excavator dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang di Makassar juga sudah tiba di Kota Palu.

Proses pembersihan Kota Palu dilakukan menggunakan alat berat berupa 3 unit excavator, 1 loader, 1 backhoe loader, 1 Grader, dan 4 dump truck. Ditargetkan pembersihan kota akan selesai dalam waktu 2 minggu atau pertengahan Oktober 2018. (lan/ril)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.