Banner sumsel

Perbaikan Bandara Mutiara SIS Palu Ditarget Rampung Tiga Minggu

JAKARTA, koranindonesia.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan, perbaikan landasan dan fasilitas Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Kota Palu, akan rampung dalam tiga minggu kedepan.

Budi meyakinkan, pihaknya akan bergerak cepat memperbaiki landasan pacu sepanjang 2.000 meter di bandara itu untuk bisa segera didarati. Untuk perbaikan landasan sepanjang 300 meter ini, dia meyakini, akan memakan waktu selama tiga minggu.

“Kalau sudah selesai diperbaiki, maka sudah bisa didarati pesawat berbadan sedang. Selain itu, untuk sisi darat yakni terminal, kami juga meyakini bisa diperbaiki selama tiga minggu juga,” ungkapnya dalam keterangan pers, Senin (1/10/2018).

Untuk menara pengatur lalu lintas udara (ATC) menurut Budi, pihaknya menargetkan akan rampung paling lama dua bulan. Hal ini diyakini, karena sebelumnya Kemenhub sudah mengkonfirmasi megenai perbaikan menara ATC tersebut.

“Mudah-mudahan dalam dua bulan ini bisa selesai perbaikan ATC, kami masih menunggu informasi selanjutnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini sistim navigasi penerbangan, masih menggunakan prosedur visual (visual flight rules) dan menggunakan antena “mobile”. Untuk itu, dalam penerbangan normal di bandara Mutiara SIS Al-Jufri hanya bisa melayani 20 penerbangan setiap harinya.

“Ini dikerahkan oleh petugas ATC Makassar, baik ‘ground-handling’ maupun ATC, kami berkoordinasi dengan TNI AU dan Polri untuk logistik,” tandasnya.

(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.