Banner sumsel

Perangkat Daerah Dituntut Percepat Penyaluran DAK Tahap III

SEKAYU, koranindonesia.id – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Muba Apriyadi menyambut baik Rapat Koordinasi Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran (t.a) 2018 dan Persiapan 2019, di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muba, hari ini, Rabu (14/11/2018).

Sekda Muba mengatakan, langkah yang positif dalam membangun daerah untuk mendukung prioritas dan sasaran nasional DAK menjadi prioritas instrumen pembiayaan pembangunan yang sangat strategis, dan terbukti menjadi salah satu sumber pembiayaan yang diandalkan untuk penyediaan pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik di Muba.

“Terima kasih kepada rekan-rekan perangkat daerah yang mendapatkan kucuran DAK. Kita lihat tahun ini lebih tertib dibandingkan tahun sebelumnya, artinya tahun ini kita lebih siap dalam merealisasikan DAK. Namun, untuk perangkat daerah yang progres pelaksanaannya masih rendah, kami minta untuk segera melakukan percepatan penyaluran DAK tahap III ini,” ujar Apriyadi.

Persiapan DAK fisik t.a 2019, Apriyadi mengimbau perangkat daerah, untuk segera berkoordinasi dengan Bappeda terkait dengan perencanaan penganggaran DAK 2019.

“Kepada perangkat daerah yang mendapat DAK TA 2019, harus segera menyelesaikan proses administrasi dan koordinasikan dengan Bappeda, agar pelaksanaan DAK 2019, pada Januari sudah jalan minimal penandatanganan kontrak kegiatan,” imbuhnya.

Kepala Bappeda Muba M Yusuf Amilin dalam paparannya mengatakan, progres DAK Fisik t.a 2018 sampai dengan Oktober, realisasi fisik 86,81%, dan realisasi keuangan 57,46% dari 11 perangkat daerah yang menerima DAK.

“Untuk persiapan teknis pelaksanaan DAK 2019, perangkat daerah diharapkan berkoordinasi dengan kami (Bappeda) terkait menyusun rencana kegiatan masing-masing yang mengacu pada DAK Fisik (Krisna) dan hasil sinkronisasi dan harmonisasi usulan DAK Fisik,” papar Yusuf.

Rakor turut dihadiri Kepala KPPN Sekayu Sugeng Herianto, Kepala BPKAD Muba Mirwan Susanto, serta Para Kepala Perangkat Daerah Muba yang menerima DAK.

(ded/rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.