Banner sumsel

Peran Media di Era Demokrasi Adalah Sebuah Keniscayaan

JAKARTA, koranindonesia.id – Anggota Fraksi PDIP DPR RI Effendi Simbolon mengungkapkan, bahwa peran media di era demokrasi tak terhindarkan dan menjadi sebuah keniscayaan.

Menurutnya, hampir tidak mungkin seorang politisi tidak menggunakan media sebagai saluran untuk menyuarakan gagasannya. Meski demikian ia berpandangan, bahwa masing-masing individu pun telah menjadi agen media, setidaknya melalui media sosial.

“Sekarang ini kan hakikatnya tiap orang bisa jadi media, Sehingga tidak lagi media bergerak secara linier, sekarang kan orang tidak lagi berkiblat ke media mainstream, karena sudah sangat banyak media sosial sebagai sumber mendapat informasi,” ungkap Effendi dalam diskusi Dialektika Demorasi bertajuk ‘Menjaga Independensi Media Jelang Pilpres 2019’ di Media Center DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, (8/11/2018).

Menurut Effendi guna mengatur independensi media konvensional sangat sulit, karena Dewan Pers tak punya kewenangan banyak terkait hal tersebut.

Dewan Pers lebih punya kewenangan dalam memverifikasi media, bukan untuk memberikan penyelidikan terhadap media yang dianggap partisan.

(mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.