Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun dari Muda

KEBANYAKAN dari kita masih belum terpikir sama sekali dengan yang namanya memiliki dana pensiun di saat usia kita masih muda. Wajar-wajar saja sih, karena sebagian dari kita masih merasa kalau pensiun kita masih sangat lama sekali.

Jadi tidak apa-apa memanjakan diri dengan membelanjakan uang sesukanya. Bersenang-senang di masa muda wajar banget. Tapi kan kita perlu sadari perencanaan keuangan sejak dini akan membantu kamu diusia senja nanti.

Bicara soal dana pensiun, mungkin sebagian kita akan berpikir bahkan memutuskan kalau kita memiliki dana pensiun setelah bekerja atau dana pensiun yang telah disiapkan oleh perusahaan-perusahaan seperti BPJS dan lain sebagainya. Sah-sah saja kalau memiliki pikiran atau keputusan demikian.

Tapi juga tidak ada salah kan melatih diri sejak masih muda untuk mempersiapkan kehidupan beberapa puluh tahun ke depan. Kalau ditanya, sebenarnya perlu tidak menabung atau berinvestasi sejak muda? Jawabannya kembali ke keputusan masing-masing.
Namun, jika kita rela menahan keinginan kita untuk tidak membelanjakan uang kita hanya untuk konsumtif dan berniat menyisihkan sedikit uang kita untuk masa tua kita, tentunya harapannya masa tua kita akan berwarna.

Nah, untuk kamu yang tertarik namun bingung bagaimana sih cara melatih diri untuk menabung atau berinvestasi untuk masa tua kita, berikut trik yang bisa kalian coba.

1. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Alangkah baiknya dalam berbelanja kita lebih memperioritaskan kebutuhan dan keinginan. Disini kita wajib membuat skala prioritas kita. Tidak ada salahnya kalau kita perlu mencatat kebutuhan bulanan kita saat ini. Perlu kita sadari, di jaman pandemi seperti ini banyak kekhawatiran, bukan saja kekhawatiran soal kesehatan akan tetapi soal perekonomian.

2. Mendisiplinkan diri kalau setiap bulan wajib menyisihkan 5% hingga 10% dari uang atau pendapatan kita untuk ditabung atau di investasikan. Bagi yang belum memiliki penghasilan tetap atau belum bekerja kalian bisa loh menyisihkan sedikit uang jajan kalian.

3. Jangan pernah remehkan recehan dan uang lima ribu atau sepuluh ribu. Mungkin kita kan berpikr kalau itu hanya bisa digunakan membeli mie instan atau es krim. Eits, coba kalian mulai kumpulkan uang kecil tersebut, lalu di akhir bulan lihatlah pertambahan jumlahnya, lalu tukar dan tabunglah. Sebuah trik sederhana buat gandakan uangmu bukan?

4. Selain belajar menabung, belajarlah berinvestasi. Carilah instrumen investasi resmi yang memiliki rendah resiko tapi bunga yang ditawarkan bisa mengejar inflasi seperti reksadana pasar uang yang saat ini menawarkan investasi mulai dari sepuluh ribu.

5. Setiap mulai goyah dan malas menabung, ingatkan diri anda kembali goals apa yang ingin dicapai.
Sekalipun ada yang mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya, tapi apa saja yang bisa kita beli tanpa uang? Itula sebabnya menabung dan berinvestasi sangat penting. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, demi masa tua yang tenang.

(tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.