Penentuan Caleg Terpilih Lahat Tunggu Putusan MK

LAHAT,koranindonesia.id -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, sudah menyelesaikan rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan Presiden dan Wakil Pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Lahat. Dengan demikian, khusus Caleg DPRD Lahat, sudah didapat siapa saja Caleg yang ikut Pemilu 2019, melenggang ke parlemen.

“Alhamdulillah untuk rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara sudah selesai, Jumat (3/5) kemarin. Namun demikian Caleg siapa saja yang dinyatakan terpilih masih akan menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi. Untuk jadwalnya penetapan Caleg sendiri sekira bulan Juli-Agustus 2019, mendatang, “terang Ketua KPU Lahat, Nana Priatna, didampingi Komisioner KPU Thomson, Sabtu (4/5/2019).

Dikatakan Nana, rapat perolehan suara yang pihaknya sendiri berjalan aman dan lancar. Adapun pihak pihak atau Caleg yang keberatan terkait hasil silakan untuk menempuh jalur sesuai ketentuan yang ada seperti pengajuan permohonan sengketa ke Mahkamah Konstitusi. Saat ditanya terkait Caleg yang terpilih Nana sendiri kembali menuturkan jika hal tersebut baru akan diketahui setelah penetapan.

Sementara berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di masyarakat nama-nama Caleg yang akan mengisi kursi di DPRD Lahat, kini mulai menyeruak dan menjadi perbincangan.

Bahkan sebelumnya, selebaran 40 nama caleg terpilih menyebar di media sosial dan pesan watshapp. Di DPRD Lahat sendiri diprediksi akan terjadi banyak kejutan. Selain banyaknya caleg incumbent yang tumbang, kejutan tampaknya juga akan terjadi pada jajaran ketua DPRD Lahat.

PDIP yang 10 tahun terakhir berhasil menduduki jatah kursi ketua DPRD Lahat, tampaknya akan diambil alih Partai Demokrat. Tak hanya itu, jatah wakil ketua yang sebelumnya diisi Kader Partai Nasdem pada Pileg lalu ini posisinya bakal digantikan Partai Gerindra.

Hanya Partai Golkar yang masih bertahan. Prediksi tersebut bisa terjadi lantaran Partai Demokrat dan Gerindra sama-sama mendapat jatah enam kursi dari lima Dapil. Golkar lima kursi. Sementara, PDIP yang saat ini memiliki enam kursi hanya mendapatkan empat kursi di Pileg kali ini.

“Alhamdulillah kita mendapat enam kursi pada Pileg kali ini untuk DPRD Lahat. Perolehan ini bertambah dua kursi jika dibanding yang ada saat ini, “ujar Nopran Marjani, Caleg Dapil III dari Partai Gerindra.

Hal senada juga disampaikan Pengurus Harian Partai Demokrat, Kiki Subagio. “Insyaallah atas kepercayaan dari rakyat partai Demokrat bisa menduduki jabatan Ketua DPRD atas perolehan kursi yang didapat,”ungkapnya. (Sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.