BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Penelitian Sebutkan Pasien Sembuh dari Covid-19, Punya Efek Lain yaitu Rambut Rontok

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Ternyata, pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 punya efek yang sama yaitu rambut rontok. Ya, hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal bergengsi Lancelet seperti dilansir dari IndiaTimes, Senin (15/3), bahwa 359 dari 1.655 pasien yang dirawat di rumah sakit karena virus Covid Wuhan, Provinsi Hubei di China, mengalami kerontokan rambut hampir enam bulan setelah keluar dari rumah sakit.

Covid-19 sendiri sudah memiliki efek samping yang berat seperti kehilangan penciuman, nyeri dada, kesulitan bernapas, kelelahan serta beberapa efek samping jangka panjang, termasuk kerusakan otak dan neurologis.

Penelitian ini adalah hasil dari pasien yang diwawancarai dengan serangkaian kuesioner. Survey dibuat untuk mengevaluasi gejala dan kualitas kesehatan dan kehidupan setelah sembuh dari novel coronavirus. Mereka juga menjalani pemeriksaan fisik, termasuk tes jalan kaki selama 6 menit bersama dengan tes darah.

Mereka melihat bahwa 63 persen mengalami kelelahan atau kelemahan otot, 26 persen mengalami masalah dengan tidur. Sekitar 23 persen pernah mengalami kecemasan atau depresi, serta 22 persen dengan rambut rontok.
Sehingga, tidak jarang rambut rontok terjadi setelah peristiwa stres di tubuh kita seperti infeksi atau penyakit. Namun, peneliti memperingatkan bahwa rambut rontok pasca novel coronavirus dapat memiliki konsekuensi jangka panjang jika dibiarkan dan tidak diobati.

Penulis, dari Chinese Academy of Medical Sciences, menjelaskan, “Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsekuensi kesehatan jangka panjang dari pasien dengan COVID-19 yang telah keluar dari rumah sakit.Sepengetahuan kami, ini adalah studi kohort terbesar dengan durasi tindak lanjut terlama yang menilai konsekuensi kesehatan pasien dewasa yang dipulangkan dari rumah sakit dalam pemulihan dari Covid-19. ” (Ari)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.