Banner sumsel

Pencarian Korban Gempa Palu Dihentikan 11 Oktober 2018

JAKARTA, koranindonesia.id – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pencarian korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi tengah (Sulteng) akan dihentikan 11 Oktober 2018.

Kepastian ini diberitahu Sutopo setelah melalui hasil rapat evaluasi korban. Untuk itu, dikatakan Sutopo bila ada korban yang tidak ditemukan dalam waktu sudah ditentukan, maka dinyatakan hilang.

(FOTO/IST)

“Prosedur pencarian korban dilakukan selama tujuh hari dan ditambah tiga hari apabila masih ada yang belum ditemukan, sehingga total menjadi 10 hari. Namun, pihaknya akan melanjutkan hingga empat hari ke depan. Namun bila tidak ditemukan hingga 11 Oktober 2018 maka kami nyatakan hilang,” jelasnya.

Namun disebutkan Sutopo, meski status pencarian dihentikan, tim gabungan tetap akan melakukan pencarian korban dengan personel dan alat terbatas.

Persoalannya, berdasarkan mekanisme diatasi 10 hari korban belum ditemukan sudah dipastikan meninggal dunia dan diatas 14 hari mayat sudah tidak utuh.

“Bukan berarti total kita hentikan pencarian, namun kekuatan personel maupun peralatan dikurangi, sebab dalam proses evakuasi, lebih dari 14 hari korban meninggal sudah tidak utuh lagi,” tandasnya.
(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.