Banner sumsel

Pemkot Palembang Jamin KIS Petugas PPS dan PPK

PALEMBANG,koranindonesia.id- Banyaknya petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang sakit bahkan meninggal saat proses penghitungan suara pada Pemilu serentak ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Palembang.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Senin (29/4/2019) saat mengunjungi petugas PPS yang sakit akibat kurang istirahat saat penghitungan suara, di RS Bunda.

Fitrianti mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjamin petugas PPS dan PPK yang belum dijamin oleh Jaminan Kesehatan, pemkot akan memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara cuma-cuma.

“Di Palembang saja ada 23 petugas PPS dan PPK sakit di rawat inap dan rawat jalan dan 3 orang yang meninggal,” katanya.

Saat ini di setiap kantor camat sudah standby posko kesehatan yang akan memberikan pertolongan pertama ketika ada petugas yang mengeluh sakit. “Selain kita akan berikan KIS, selesai proses pesta demokrasi kita akan adakan syukuran sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas itu,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Letizia mengatakan, petugas kesehatan dari puskesmas di masing-masing kecamatan ditugaskan sampai perhitungan suara selesai dan beralih ke tingkat KPU. Sebelumnya, Sekda Palembang juga meminta untuk menyiagakan ambulan di KPU saat perhitungan disana nanti.

“Kebanyakan petugas ini kurang istirahat, kelelahan, makan tidak teratur bahkan kebanyakan duduk,” ujarnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.