Banner sumsel

Pemkab OKU Kembali Raih WTP dari Kementerian Keuangan

BATURAJA,koranindonesia.id -Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerima piagam penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Diterimanya piagam ini lantaran Pemkab OKU dinilai berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017.

Piagam tersebut, diserahkan Kepala KPPN Baturaja, Gustani mewakili Menkeu RI Sri Mulyani dan diterima langsung Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis.

Bupati OKU H Kuryana Azis, mengatakan, Pemkab OKU mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia. Atas diterimanya penghargaan keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian Opini WTP yang ke tiga kalinya secara berturut-turut.

“Penghargaan yang diterima Pemkab OKU dari Menkeu RI, atas dasar keseriusan dan ketaatan dalam menyusun menyajikan laporan sesuai dengan standar akutansi Pemkab OKU yang mendapat penilaian opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI,”ucap Kuryana,  Rabu (24/10/2018).

Orang nomor satu di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang ini  menambahkan, piagam penghargaan yang diterima Pemkab OKU, atas komitmen Pemkab OKU dalam pengelolaan keuangan daerah. Dimana setiap laporan tahunan dilakukan audit oleh BPK dan secara reguler setiap tahunnya.

Dimulai dari audit umum hingga audit rincian. Ini bentuk penyajian laporan keuangan secara akuntabel. Mulai dari metode, kepastian keuangan, serta penyajian dalam bentuk laporan keuangan. Berdasarkan audit tersebut, BPK RI menilai bahwa laporan keuangan tahun 2017 yang disajikan Pemkab OKU sudah memenuhi kriteria standar akuntasi pemerintah daerah. Oleh karena memenui standar, maka BPK memberikan penilaian dengan opini WTP.

Dilanjutkan Bupati, piagam penghargaan yang diperoleh Pemkab OKU ini, berkat kerjasama yang baik dan support DPRD dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) OKU. Tentunya prestasi ini ke depan harus dipertahankan dalam hal pengelolaan dan penata usahaan keuangan dengan baik kedepannya.

“Mudah-mudahan tahun 2019 mendatang, Pemkab OKU bisa menyusun menyajikan laporan keuangan tahun 2018 sesuai dengan standar akutansi pemerintah daerah yang lebih baik lagi,” katanya.

Bupati menghimbau agar masing-masing OPD OKU kedepannya harus meningkatkan tertib administrasi, rapi dan disiplin dalam penyajian laporan keuangan. Terutama dalam sisi waktu penyampaikan laporan keuangan agar lebih cepat.

“Jangan ditunda-tunda, setiap penggunaan keuangan daerah dapat dilaporkan dan dipertanggung-jawabkan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Tentunya ke depan, Pemkab OKU harus membangun komitmen itu dan ditingkatkan di tahun mendatang,” katanya.(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.