Pemkab Muba Lakukan Pendataan Ulang Masyarakat Miskin dengan Penempelan Stiker

 

MUBA,koranindonesia.id–Pemerintah Musi Banyuasin gencar melakukan pendataan ulang masyarakat miskin di daerahnya. Salah satu upaya yang saat ini tengah dilakukan yakni dengan menempelkan stiker bertuliskan ” saya benar-benar keluarga miskin yang layak menerima beras miskin beras Rastra (beras pra sejahtera) atau program keluarga harapan (PKH)” di rumah-rumah masyarakat.

Upaya yang dilakukan dengan penempelan stiker oleh Pemerintah Kecamatan Bersama Forumkompimka di dampingi Pendamping PKH dari Kementrian Sosial ternyata memberikan efek positif terhadap kesadaran masyarakat.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Bayung Lencir bersama ForKomPimKa didampingi Pendamping PKH, dari Jumlah data yang ada yakni sebanyak 1534 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Kekuarga Harapan) ada sedikit penurunan jumlah angka KPM PKH yang sebelumnya sebanyak 1554.

“Iya mas jumlah KPM PKH yang terdata saat ini ada sebanyak 1534 dimana sebelumnya sekitar 1554. Ada sekitar 20 KPM PKH yang sudah graduasi.Jumlah tersebut dari bulan Oktober 2018 akhir samapi April 2019, “Ungkap Aprilia Rzaleni Koordinator PKH Kecamatan Bayung Lincir, kemarin.

Apriliya menyebut setelah dilakukan penempelan Sticker, ada sekitar 12 KPM PKH yang sudah mengundurkan diri dengan membuat pernyataan, yakni warga di Lubuk Harjo 1, warga desa Senawar Jaya 2, Desa Simpang Bayat 1 Dan desa Sukajaya 8 KPM.

“Saat ini penempelan sticker masih terus berlangsung, untuk progresnya sendiri sekitar 70 persen. OperasiUntuk Desa yang sudah dilakukan penempelan sticker yakni Desa
Lubuk Harjo, Bayat ilir, Senawar jaya, Tampang baru, Telang, Pangkalan Bayat
,simpang Bayat, Pagar desa, Sukajaya, Mendis jaya, Muara Medak sebagian. Karena luas wilayah, Muara Bahar, Kelurahan Bayung lencir, Kelurahan Bayung lencir indah, Desa Mekar jaya, Wonorejo, Desa Kali Berau, Desa Sindang Marga,Desa Muara merang dan Kepayang. “terangnya.

Untuk Desa Yang belum dilakukan penemepelan Sticker, Lanjut Aprilia ada tiga Desa lagi Yakni Desa Mendis, Desa Pulai gading, Desa ,Desa Mangsang.

“Insya Allah dalam minggu ini akan segera kita selesaikan. Karena keterbatasan pendamping dan jarak yang cukup jauh.Mudah-Mudahan kesadaran akan KPM PKH yang merasa bener-benar tidak berhak menerima Program PKH terus bertambah ini juga yang menjadi harapan Kami”tukasnya.

Sementara, Camat Bayung Lencir Akhmad Toyibir SSTP MSI mengatakan Sesuai hasil rapat bersama seluruh jajaran perangkat Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muba dalam rangka pengentasan Kemiskinan di wilayah Kabupaten Muba.

Pemerintah Kecamatan Bayung Lencir bersama Forumkompimka sejak bulan juni sudah malakukan penepelan stiker kepada rumah-rumah warga Penerima bantuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dari Pemerintah.

“Ya kemarin terakhir kita melakukan penempelan sticker di rumah -rumah warga terakhir desa Senawar Jaya”Kata Ibir biasa disapa warga.

Dikataknya,tujuan ditempelnya stiker di rumah warga tersebut, selain upaya dalam mengurangi angka kemiskinan. sekaligus melihat dan mendata rumah warga yang mana saja yang seharuanya layak menerima bantuan ini.

“Kami banyak mendapat laporan warga, bahwa ada banyak warga yang tidak selayaknya menerima bantuan tersebut namun fakta dilapang mereka menerima bantuan itu.Jadi jika diapasang stiker ini terlihat jelas apakah layak atau tidak warga tersebut menerima PKH, jadi dengan pemasangan stiker ini bisa mengurangi juga warga yang mengaku-ngaku miskin.Mudah mudahan upaya yang dilakukan ini memberikan efek positif tingkat kesadaran di masyarakat”imbuhnya. (Ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.