Banner sumsel

Pemkab Jalin Kerjasama dengan Kejari OKU Terkait Penanganan Perkara

BATURAJA,koranindonesia.idPemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kembali menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Baturaja. Kerjasama kali ini terkait dengan bantuan penanganan perkara yang bersifat perdata dan tata usaha negara.

“Bantuan ini tidak hanya sebatas konsultasi, advice, sampai pendampingan hukum dalam pengadilan (litigasi) dan luar pengadilan (non litigasi),” ujar Kabag Hukum Setda OKU Romson Fitri SH MH, dikonfirmasi, Selasa (12/2019). Kerjasama ini sebutnya, perlu diperbaharui karena terkait tahun anggaran.

Salah satu yang saat ini diminta bantuan yakni masalah penyelesaian persoalan lahan/tanah yang menjadi aset pemerintah daerah di daerah Dusun Lekis, dan Banuayu Lubuk Batang. Ada tanah yang digunakan atau dikuasai masyarakat. Saat ini masih dalam penanganan. Kalau tidak selesai di luar pengadilan, sebutnya, ada kemungkinan berlanjut dibawa ke pengadilan.

Kajari OKU Bayu Pramesti menyampaikan, bantuan hukum tersebut dilakukan melalui jaksa pengacara negara. Dasar hukumnya diatur dalam Pasal 30 ayat 2 Undang Undang Nomor 16 Tahun 2014. Dimana lewat kuasa khusus bisa bertindak di pengadilan dan luar pengadilan.

Salah satunya, sebutnya, penanganan masalah tanah. Ada juga kerjasama dengan pihak RSUD dr Ibnu Sutowo Baturaja. Disebut Bayu, untuk Kabupaten OKU terbilang aman. Dimana tidak ada pegawai yang melakukan gugatan ke pemerintah melalui PTUN. “Kalau ini ada kita siap mendampingi,” tegasnya.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menyampaikan kerjasama ataupun pendampingan hukum jadi hal penting. Karena dalam tugas pemerintahan pada dasarnya ada saja kadang administrasi yang keliru. Ini bisa saja melahirkan pengajuan gugatan secara adminsitrasi ke PTUN.(tin)

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.