Banner sumsel

Pemilu Serentak 2019, 11 TPS di OKU Ini Sulit Dijangkau

BATURAJA, koranindonesia.id – Pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 mendatang, terdata ada 1.243 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Ketua KPU OKU Naning Wijaya melalui Komisioner KPU OKU Divisi Program dan Data Erwin Suharja mengakui, lebih kurang 11 TPS diantaranya memiliki lokasi yang sangat jauh dan sulit dijangkau.

“Diantaranya di wilayah Kecamatan Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Ulu Ogan dan Peninjauan. Dikatakan jauh karena letaknya berada di wilayah perbukitan dan talang. Medan yang harus ditempu untuk mencapainya cukup sulit,” kata Erwin kepada wartawan, Senin (8/10/2018)

Ditambahkannya, 11 TPS ini tidak masuk dalam kategori rawan. Namun, hanya medan untuk menjangkaunya saja yang sulit. Mulai dari jarak hingga medan yang sulit dan berbukit.

Erwin menjelaskan, dalam satu TPS pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 nanti, dalam satu TPS maksimal ada 300 mata pilih. Tidak boleh lebih dari angka tersebut.

Ilustrasi (FOTO/NET)

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) No 11/ 2018, tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih dan UU No 7/ 2017 tentang Pemilu.

Disinggu mengapa dibatasi 300 pemilih per TPS, kata Erwin antara lain, karena secara logika pelaksanaan Pileg dan Pilpres dilakukan serentak. Pastinya surat suara banyak untuk Pileg saja, dimana ada DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Selain itu juga ada kertas suara pemilihan DPD dan Pilpres.

“Kertas suara banyak. Secara logika dilakukan agar proses penghitungan berjalan tepat waktu,” paparnya.

Erwin menjelaskan jumlah DPTHP1 di Kabupaten OKU sebesar 254.596 jiwa. Dimana pemilih laki-laki berjumlah 129.308 jiwa dan pemilih perempuam sebanyak 125.188 jiwa. DPTHP1 ini sifatnya sementara masih bisa berubah. Kemukinan bertambah atau berkurang masih ada

“Jumlah DPTHP1 ini kemungkinan berkurang atau bertambah masih ada. Sebab KPU masih melakukan pencermatan kembali. Apakah ada pemilih ganda atau tidak,” tandasnya.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.