Banner sumsel

Pemilu 2019, Ratusan Warga Binaan Rutan Solo Salurkan Hak Pilih

SOLO, koranindonesia.id – Sebanyak 389 warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) bakal menyalurkan hak pilihnya.

Dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, Rabu (17/4/2019) besok, pihak Rutan membuka dua TPS khusus untuk mewadahi ratusan warga binaan yang menyalurkan aspirasinya.

Kepala Pengamanan Rutan Solo, Andi Rahmanto mengatakan, TPS di Rutan Solo terdiri dari TPS 10 dan TPS 11. TPS 10 diperuntukan untuk warga binaan pemasyarakatan Kota Solo sebanyak 195 orang, sementara TPS 11 untuk warga luar Kota Solo sebanyak 194 orang. Dibukanya dua TPS ini untuk memudahkan warga binaan dalam menyalurkan hak pilihnya menentukan pemimpin bangsa. “Dalam Pemilu 2019 ini, kita buka dua TPS. Biasanya cuma satu TPS,” terang Andi, Selasa (16/4/2019) siang.

Terkait teknis pelaksanaan pada hari H, Andi mengatakan, nantinya warga binaan yang mendapatkan giliran mencoblos akan dikeluarkan dari dalam sel secara teratur.

Setelah selesai menyalurkan hak pilih, mereka akan kembali ke dalam sel bergantian dengan calon pemilih lainnya. “Bukan keseluruhan langsung dikeluarkan, melainkan secara teratur berkelompok sesuai dengan jumlah tempat pencoblosan yang disediakan,” papar Andi.

Sementara itu, Kasubsi Administrasi dan Perawatan Rutan Solo, Fitroh Komarudin mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi rutin terkait Pemilu 2019.

Sedangkan, petugas yang menangani pemilu juga telah dilakukan Bimtek. “Petugas rutan secara masif melakukan sosialisasi tata cara pencoblosan dan pengenalan peserta pemilu. Upaya ini, untuk meminimalisir terjadinya hal tidak diinginkan selama diselenggarakannya pesta demokrasi,” pungkasnya.
(ali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.