Pemilu 2019, Pemilih Luar Negeri Lebih Awal Memilih

JAKARTA,koranindonesia.Id-Pemilih dalam pemilu 2019 yang berada di luar Negeri akan mendapat kesempatan lebih awal untuk menggunakan hak pilihnya dan waktu pemilihan pun disediakan lebih panjang, yaitu 1 minggu dari dalam negeri.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan KPU Menyediakan durasi waktunya selama 1 minggu mulai  8 hingga 14 April. Dikatakannya Dari jadwal itu, para pemilih di luar negeri dipersilakan memilih hari yang diinginkan. Namun Arief menyebut mayoritas kantor perwakilan RI memulai pelaksanaan pemilihan pada 12-13 April 2019.

“Di beberapa negara ada yang bisa hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu. Pokoknya 1 minggu kita sediakan,” ungkapnya di gudang logistik KPU, yang berada di kompleks pergudangan Zoodia, Jalan Husein Sastranegara, Kota Tangerang, Minggu (17/02/2019).

Sedangkan untuk penghitungan suara, disebut Arief, akan dilakukan di perwakilan negara masing-masing. Dirinya menyebut waktu penghitungan di luar negeri akan disamakan dengan saat penghitungan di dalam negeri.
“Walaupun pemungutan suaranya lebih awal, tapi penghitungan suaranya dilaksanakan bersamaan dengan dalam negeri tanggal 17 April,” terangnya.
Ditambahkannya pemilu 2019 akan dilaksanakan pada 17 April 2019 secara serentak di helat di Indonesia. Para pemilih akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kota/kabupaten.

“Saya berharap seluruh warga Indonesia menggunakan hak pilihnya dan jangan golput atau tidak memilih, itu saja saya sampaikan kepada masyarakat,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.