Banner sumsel

Pemerintah Sudah Sepatutnya Apresiasi Perjuangan Santri

LAHAT, koranindonesia.id – Dihadapan ribuan santri dan pelajar di Kabupaten Lahat, Bupati Lahat  Marwan Mansyur mengungkapkan, bahwa pemerintah sudah sepatutnya memberi apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, disebutkan Marwan, peringatan Hari Santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama, agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran, dan berkeadilan.

“Peran santri dalam NKRI itu sangat besar dan itu sudah dimulai sejak Indonesia merdeka,” kata Marwan dalam sambutannya pada upacara Peringatan Hari Santri di Kabupaten Lahat, Senin (22/10/2018), yang digelar di Lapangan Seganti Setungguan (eks MTQ) Kota Lahat

Lebih lanjut Marwan berharap, peran yang dilakukan oleh kalangan pesantren dalam hal ini adalah para kiai, santri dan elemen umat Islam terus dilakukan, terutama dalam mengajak warga lainnya berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

(FOTO/SFR)

“Diharapkan para santri dapat mencurahkan  energinya dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan masyarakat di tengah situasi saat ini yang penuh dengan berbagai fitnah,” imbuh Marwan pula.

Sementara itu,  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lahat Rusidi Djakfar menjelaskan,  saat ini di Kabupaten Lahat,  terdapat sekitar 20 pondok pesantren (ponpes) yang 16 diantaranya telah terdaftar di Kemenag. Sementara empat ponpes sisanya saat ini, masih dalam proses pedaftaran.

“Ada beberapa ponpes baru dan saat ini dalam proses pendaftaran. Intinya kita sangat bersyukur ponpes di Lahat ini terus berkembang,” ujarnya.

Dalam Peringatan Hari Santri 2018 di wilayah Kabupaten Lahat, telah dilakukan beragam kegiatan selain upacara peringatan, ada juga kegiatan Pawai Santri serta Zikir Akbar yang diikuti seikar 3.000 santri yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.