Banner sumsel

Peluang Kerja Minim, Mahasiswa Bahasa Arab Cari Solusi

PALEMBANG,koranindonesia.id – Ratusan mahasiswa jurusan bahasa Arab mengeluhkan minimnya peluang kerja bagi lulusan jurusan dimaksud.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ratusan mahasiswa jurusan Pendididkan Bahasa Arab (PBA) dan Sastra Arab (SA) dari 25 perguruan tinggi di Sumatera  berkumpul di Akademik Center (AC) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sumatera Persatuan Bahas Arab se-Sumatera Indonesia Tharono mengatakan, selama ini peluang kerja lulusan bahasa Arab terbilang minim. Oleh sebab itu pihaknya melakukan upaya peningkatan kompetensi melalui berbagai macam lomba.

“Selama ini, lulusan jurusan bahasa arab sangat susah cari kerja. Adanya pertemuan yang kita namakan dengan SIMBA ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa jurisan bahas arab agar mampu bersaiang dalam dunia kerja,” ungkapnya usai pembukaan Seminar Nasional Bahasa Arab (SIMBA) VI di gedung AC UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (29/03).

Dalam kegiatan tersebut, semua delegasi dari setiap kampus akan bertarung dalam bentuk perlombaan mulai dari lomba debat bahasa Arab, kaligrafi dan pidato bahasa Arab dan lain sebagainya. Tujuannya agar mahasiswa terpancing meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam berbahasa Arab. “Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari 29 hingga 31 Maret 2018 di UIN Raden Fatah Palembang,” paparnya.

Sementara itu, Asisten Adminitrasi Umum Setda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Edwar Juliartha berharap, mahasiswa jurusan bahasa arab bisa ikut serta dalam mensukseskan perhelatan Asian Games 2018 di Kota Palembang dengan mengambil posisi sebagai volountir. Dengan menyiapkan diri secara baik agar bisa melewati berbagai tahapan seleksi yang telah ditentukan oleh panitia.

“Dalam perhelatan Asian Games, kita memerlukan banyak volountir baik bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Mandari. Untuk bahasa arab, kita berharapa mahasiswa jurusan bahasa Arab bisa ambil bagian,” katanya. (Sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.