Bhintan Shalawat

Pelebaran Jalan Parameswara On Progres, Pemkot Palembang Anggarkan Dana Rp100 M

PALEMBANG, koranindonesia.id – Jalan Parameswara di Palembang, yang dinilai tak cukup ideal karena sempit untuk menampung lalu lintas kendaraan dari arah Jalan Soekarno-Hatta, pada 2020 mendatang akan dilebarkan hingga 14 meter untuk kedua sisi.

Sebelum pelebaran jalan ini, pada tahun ini, Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) meminta untuk dilakukan penyelesaian pembayaran ganti rugi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, sebagai syarat wajib sebelum pembangunan dilakukan.

Kepala Bidang PU Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Akhmad Rifai mengatakan, pelebaran jalan parameswara memang sudah direncanakan, dari Pemkot Palembang sendiri memang ambil bagian untuk pembebasan lahan, sedangkan yang membangun dari BBJN V.

“Sekarang masih on progres. Dikaji KJPP berapa nilai yang nanti akan di ganti rugi. Kalau lihat dari kondisi saat ini, cukup banyak yang akan kena, khususnya ruko-ruko yang letaknya mepet ke jalan,” kata Akhmad Rifai, Kamis (28/2/2019).

Berdasarkan hasil rapat yang sebelumnya di lakukan BBJN bersama dengan Pemkot Palembang dan pihak terkait lainnya, pelebaran Jalan Parameswara akan disesuaikan lebarnya seperti Jalan Soekarno-Hatta.

Karena Jalan Parameswara hanya 730 meter atau dari 7 meter akan ditingkatkan menjadi 14 meter. Untuk pelebaran jalan ini butuh 6.900 m2 dengan rincian lahan 2,5 meter dari batas eksisting untuk pembangunan dua lajur dengan anggaran pembangunan sekitar Rp15 miliar.

Menurut Kepala Dinas PUPR, Bastari Yusak, pihaknya telah menyiapkan Tim KJPP untuk mengkaji kebutuhan lahan, harga, dan bangunan yang terkena. “Sudah dianggarkan, tapi belum cukup dengan estimasi dana sekitar Rp5 Miliar untuk dua proyek (fly over simpang sekip dan Jalan Parameswara). Dengan penawaran pendanaan dari pemkot, dan harapannya juga dari¬† pemprov dan pusat,” katanya.

Sementara itu, untuk anggaran jalan di Dinas PUPR Kota Palembang pada 2019, total kurang lebih Rp100 miliar. “Ini untuk jalan secara keseluruhan, baik pembangunan jalan baru, pemeliharaan ataupun perbaikan jalan rusak,” jelasnya.

(iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.