Banner sumsel

Pelayanan Publik Pemerintah Masih Dikeluhkan

PALEMBANG, koranindonesia.Id-Hingga pelayanan publik yang diberikan pemerintah daerah masih banyak dikeluhkan masyarakat, dan ini menjadi catatan bagi Ombudsman.

Ketua Ombudman RI Amzulian Rifai mengatakan, pelayanan publik tidak hanya sebatas melengkapi infrastruktur saja. Tetapi juga terhadap pendidikan, kesehatan, catatan kependudukan dan lainnya. Ombudsman menyayangkan masih adanya keluhan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah daerah.

“Pelayanan publik masih diskriminatif, pelayanan masih kurang dan ditemukan banyak problem. Kami meminta juga pemberi pelayanan ini jangan hanya melihat status sosial,” katanya usai Penandatanganan Komitmen Menuju Layanan Publik Prima, di Kambang Iwak, Minggu (18/112018).

Amzulian mengatakan, masyarakat jangan sampai tidak melapor ke pengawasan seperti kepolisian. Di samping itu juga Ombudsman melakukan beberapa cara penyelesaian layanan publik yang tidak baik. Seperti dengan cara menindaklanjuti laporan masuk, dengan cara invistigasi melalui prakarsanya sendiri dan memberikan penilaian kepada seluruh kementerian dan lembaga.

Ia mengakui, bahwa dari sekian banyak laporan layanan publik yang buruk, paling banyak pemda. Keluhan yang disampaikan rata-rata mengenai masalah perizianan, Capil, Keimigrasian, Lembaga Pemasyarakatan. “Institusi yang banyak menghadapi masyarakat, maka banyak juga keluhannya,” jelasnya.

Baru-baru ini adalah keluhan penerimaan CPNS. Umumnya keluhan tidak lulusnya administrasi sehingga tidak bisa ikut ujian. Tak hanya itu, kesiapan panitia juga passing grade. Menurutnya, untuk di Sumsel secara resmi ada dua laporan, tetapi yang lapor dan konsultasi langsung sangat banyak

“Dengan penetapan passing grade saat ini hanya sekitar 8 persen yang lulus. Pemerintah ingin SDM yang terbaik dan handal. Tetapi di lapangan terlihat upaya pengembangan SDM belum ada dan tidak heran jika terjadi jomplangnya SDM. Ini juga tanggung jawab pemerintah,” terangnya. (Iya)

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.