Banner Pemprov Standar

Pekan Depan Pembuatan KTP Anak Dibuka Kembali

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) akan kembali dibuka setelah sempat dihentikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil) Kota Palembang lantaran overload kuota yang ditetapkan pada tahap itu.

Kartu ini bisa digunakan sebagai persyaratan untuk menabung, meminjam buku di perpustakaan dan lainnya. KIA ini memberikan identitas secara hukum bagi anak. Apalagi dalam KIA sudah terdapat Nomor Induk Kependudukan seperti yang tertuang dalam KTP Elektronik.

Kepala Disdukcapil Kota Palembang Edwin Effendi mengatakan, pembuatan KIA sebelumnya dihentikan karena over kapasitas. Dari kuota awal 100 ribu sementara yang mendaftar mencapai 300 ribu lebih.

“Kita hentikan sementara daripada nantinya warga yang daftar menunggu lama,” ujarnya, Jumat (14/6/2019).

Dalam waktu dekat ini, pembuatan KIA akan dibuka lagi. Warga bisa datang ke kantor camat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan. Nantinya petugas Capil di kecamatan yang membawa berkas tersebut ke Kantor Capil untuk dicetak. Selanjutnya KIA tersebut didistribusikan ke kecamatan masing-masing.

“Pekan depan atau sekitar seminggu lagi akan dibuka lagi. Sebelumnya kita mengatur jeda waktu, SDM dan alat. Karena dulu itu bantuan dari pusat, sekarang akan kita alokasikan,” jelasnya.

Mengenai cara ataupun syarat pembuatan KIA ini, Edwin menjelaskan, dibagi dalam dua jenis KIA. Yakni dibedakan berdasarkan usia, dimana untuk usia 0 sampai 5 tahun, kemudian 5 sampai 17 tahun. “Kalau sudah diatas usia tersebut, meraka sudah harus membuat KTP,” lanjutnya.

Adapun syarat pembuatan KIA untuk anak 0 sampai 5 tahun, yakni photo copy Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali, photo copy KTP elektronik kedua orang tua dan akta kelahiran anak. Untuk usia 5 sampai 17 tahun pada dasarnya sama dengan anak 0 sampai 5 tahun hanya saja di tambahkan dengan pas photo ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.