Banner Pemprov Agustus

Pasca Anies Jadi Capres 2024, Diprediksi PPP dan PAN Ikut NasDem

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, memprediksi keputusan Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadikan sosok Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) bakal mengubah sikap politik sejumlah parpol yang sudah tergabung dalam satu koalisi Pilpres 2024.

Menurut Jerry Massie, Partai Amanat Nasional (PAN) ini bisa berlabuh ke koalisi NasDem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu tidak serta merta di KIB. “Bisa jadi mereka pindah haluan,” ujar Jerry saat dihubungi wartawan, Minggu (9/10/2022).

Kemungkinan tersebut, terang Jerry, disebabkan parpol-parpol lain telah kecolongan dengan Nasdem yang lebih awal mengumumkan capres yang menurut sejumlah lembaga survei memiliki elektabilitas yang tinggi.

“Ini kan memang Nasdem jagonya untuk start awal, Jokowi kan juga sempat Nasdem mendukung,” sambungnya mencontohkan.

Selain itu, doktor ilmu komunikasi politik America Global University ini juga melihat kemampuan Nasdem tak bisa diragukan untuk membawa calon pemimpin sukses dalam pemilihan, karena sudah teruji hingga di pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Untuk pemilihan Gubenur Jabar, Nasdem yang lebih dulu mendeklarasikan Ridwan Kamil waktu itu,” ucapnya.

“Jadi ini memang langkah yang tepat dan bijak, karena banyak waktu untuk Nasdem melakukan sosialisasi, pendekatan ke masyarakat, lobi-lobi dan isu-isu apa yang akan mereka bawa. Ini semakin baik, semakin kuat,” demikian Jerry.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.