Banner sumsel

Pansel Sekda Palembang Diumumkan Pekan Ini

PALEMBANG, koranindonesia.id – Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, segera diumumkan Pemerintah Kota Palembang (Pemkot Palembang). Pendaftaran calon Sekda dilakukan secara terbuka terbatas se-Sumatra Selatan (Sumsel).

Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum memiliki nama-nama bakal calon (balon) yang akan maju pada seleksi Sekda menggantikan dirinya. Hal itu dikarenakan, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi oleh balon, salah satunya adalah izin dari  Wali Kota Palembang.

Pansel nantinya akan diisi oleh Sekda Pemprov Sumsel, akademisi dan juga dirinya. “Pansel akan segera diumumkan dan otomatis pendaftaran akan dibuka secara terbuka untuk ASN Sumsel dan Palembang, di luar itu tidak boleh,” katanya, Senin (4/2/2019).

Ditambahkannya, untuk maju pada seleksi jabatan tertinggi di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Palembang itu, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah, minimal golongan IVB, pernah menduduki jabatan Esellon II ditempat yang berbeda, dan menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap jabatan yang pernah diemban sebelumnya. “Kita utamakan yang pernah menjabat dua kali ditempat yang berbeda. Intinya syaratnya standar-standar saja, sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Menurut Harobin, selain harus memenuhi syarat administrasi, calon Sekda yang akan maju pada seleksi yang dibuka Pemkot Palembang, harus paham dengan manajemen pemerintahan dan masalah keuangan. Sebab, Sekda adalah koordinator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan harus menguasai semua bidang. “Wali Kota tidak ingin main-main dengan Sekda yang akan maju. Dimana yang menggantikan harus lebih baik dari saya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Harobin berharap siapapun yang akan mengisi jabatan itu nantinya, harus lebih baik dari dirinya. Karena masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang masih harus diselesaikan. Salah satunya adalah, meningkatkan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang harus terus ditingkatkan. “SAKIP kita selama ini C, sekarang sudah B. Kalo bisa Sekda kedepan bisa A minimal B+,” sebutnya.

Sementara itu diketahui, Harobin akan memasuki masa pensiun pada 1 April mendatang. Pihaknya memastikan pertengahan Maret, satu nama pengganti dirinya sudah ada.

(iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.