Banner Pemprov 17 Agustus

Panen Raya, Jagung dan Beras Turun Harga

BATURAJA, koranindonesia.id – Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel) turun sebesar Rp1.000 untuk setiap kilogram (Kg) dari sebelumnya dipatok pedagang Rp11.000/Kg, kini menjadi Rp10.000/Kg.

“Harga beras organik saat ini saya jual Rp10.000/Kg atau turun sebesar Rp1.000 untuk setiap kilogramnya,” kata Yani, salah seorang pedagang sembako di kawasan Pasar Baru, Jumat (29/3/2019).

Selain beras kata Yani, harga jagung untuk pakan ternak saat ini juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu dari sebelumnya dijual kisaran Rp7.000/Kg sekarang turun menjadi Rp5.000/Kg.  “Lumayan banyak turunnya mencapai Rp2.000 untuk setiap kilogram jagung pakan,” katanya.

Menurut dia, penurunan harga dua jenis komoditi yang terjadi sejak dua pekan terakhir tersebut disebabkan karena sebagian besar petani pemasok di wilayah itu sedang panen raya. “Oleh sebab itu harganya turun karena pasokan jagung dan beras saat ini berlimpah,” imbuh Samsudir pedagang sembako lainnya di kawasan Pasar Atas Baturaja, saat ditemui terpisah.

Menurut Samsudir, penurunan harga diiringi dengan peningkatan daya beli masyarakat yang saat ini meningkat, sehingga menambah pendapatan pedagang dari hasil menjual jagung pakan dan beras tersebut. “Untuk satu ton beras dan jagung dapat terjual habis hanya selama sepekan sejak harganya murah,” ujarnya.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.