Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Pandemi COVID-19 Berdampak ke Ekonomi dan Sosial

Jakarta,koranindonesia.id-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) mengatakan pandemi COVID-19  belum ada kepastian kapan berakhir.

“Kondisi ini tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan tapi juga ekonomi dan sosial. Begitu banyak masyarakat yang menjadi korbannya,” kata Risma melalui keterangan tertulisnya,  Kamis (18/2/2021).

Menurut Risma,  pihaknya telah berupaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, salah satunya membuat tempat tinggal bagi para tunawisma.
Selain menyediakan tempat tinggal, Kemensos juga membuat dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi para pemulung.
“Karena itu kami mencoba membuat rusunawa untuk tempat tinggal pemulung dan tunawisma serta membuka lapangan kerja melalui sentra kreasi atensi,” katanya.
“Saya mendatangi Kementerian PU, dan alhamdulilah Menteri PU menyanggupi untuk dibangunkan 2 blok rumah susun, satu di Bekasi, satu di Jakarta di Pasar Rebo yang rata-rata per bloknya kurang lebih ada 100 unit,” ujarnya.

Risma menuturkan, para pemulung yang mengumpulkan sampah kemudian langsung menjual ke pengepul hanya mendapat Rp2.000 per 1 kg.

Namun, jika sampah plastik tersebut sudah dipres per kilogramnya bisa dihargai Rp4.000, dan Rp11 ribu apabila sudah dicacah.

“Ini akan menambah  pendapatan pemulung,” tegasnya.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.