Banner sumsel

Palembang Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah Kota Palembang meraih pengharaan Pembangunan Daerah Terbaik Tahun 2019 sebagai Kota Terbaik I Dalam Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah.

Penghargaan diserahkan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru pada saat Musyawarah  Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019, Rabu (24/4/2019).

Palembang menjadi satu-satunya kota di Sumsel yang menerima piala penghargaan tersebut.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, perencanaan pembangunan di Kota Palembang telah disusun berdasarkan realita kebutuhan pembangunan, dengan menyerap aspirasi masyarakat. Artinya, didapatkan penghargaan ini karena pembangunan Palembang sesuai perencanaan.

“Penyusunan perencanaan pembangunan akan dapat terlaksana baik dengan ikut menyertakan penyerapan aspirasi masyarakat. Ini sudah kami lakukan dengan turun langsung menyerap aspirasi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, pesatnya pembangunan di Kota Palembang tidak terlepas dari peran aktif pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Pelaksanaan pembangunan harus senantiasa mengedepankan fungsi pengawasan, sehingga terselenggara secara berkelanjutan dengan tetap berada pada koridor yang semestinya.

“Keberhasilan tersebut merupakan motivasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus memacu peningkatan rencana pembangunan di masa mendatang,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, objek ruang lingkup penilaian penghargaan ini meliputi Dokumen RKPD, proses penyusunan RKPD, dan pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD. Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap inovasi yang dikembangkan, serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Capaian ini dilihat dari perencanaan sesuai dengan capaian, ini membuahkan hasil, pertumbuhan ekonomi Palembang 6,16 persen melebihi provinsi, inflasi terjaga, angka harapan hidup kita tinggi. Ini penghargaan yang kedua kali, sebelumnya tingkat nasional,” jelasnya. (Iya)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.