Banner sumsel

Palembang Segera Miliki Mall Ikan

PALEMBANG,koranindonesia.Id-Pembangunan Pasar Ikan modern  berkonsep terbuka berlokasi di Jalan MP Mangkunegara  Palembang saat ini sedang dalam tahap proses. Proyek ini sendiri dibiayai pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Afrizal Hasyim mengatakan, pasar ikan modern ini dibangun tiga lantai, terbagi untuk penjualan ikan basah, resto olahan makanan dari ikan dan parkir.

“Pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini, sekarang kita sedang koordinasi dengan KKP,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebagai daerah dengan kawasan sungai, serta makanan khas yang terbuat dari ikan, maka rencana pembangunan pasar ikan modern bakal menjadi terobosan baru di Kota Palembang.

“Nantinya pasar ikan modern atau mall ikan ini tidak hanya sebagai tempat transaksi jual beli ikan, tapi juga termasuk olahannya lengkap berupa food court di dalam gedung pasar modern yang akan di bangun setinggi 3 lantai,” jelasnya.

Proses pembangunan pasar ini pada tahun lalu tahap lelang, dan rencananya pada 2019 sudah mulai dilakukan pembangunan, dan untuk lokasi berada di sekitar jalan MP Mangkunegara.

“Konsepnya nanti seperti pasar ikan terbuka, dengan 3 lantai yang terdiri dari lantai 1 pusat penjualan ikan basah, lantai 2 pusat kuliner ataupun olahan makanan dari ikan dan lantai 3 fasilitas parkir,” terangnya.

Jika sesuai dengan rencana pembangunan, maka pasar ikan modern ini secara target diprediksi bakal sudah operasional pada 2020 mendatang. “Kapasitas sekitar 165 los untuk pedagang ikan, dan juga 100 foodcourt,” bebernya.

Pemkot Palembang, tak hanya menjadi penyedia tempat atau lahan untuk Pembangunan pasar ikan modern ini, tapi juga mengumpulkan seluruh pedagang yang akan mengisi supermarket ikan pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut.

Sesuai dengan namanya pasar modern, maka pasar ini juga akan dilengkapi dengan teknologi pembayaran via debit maupun e-money. “Semua konsep ini telah disiapkan Kementrian Perikanan, begitupun dengan anggarannya  dari pusat atau kementerian terkait,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum ikut secara langusng dalam pasar ikan modern. “Setelah nanti jadi dan ada pedagangnya baru peranan kami disana,” ujarnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.