Banner sumsel

Palembang Dorong Empat Subsektor Ekonomi Kreatif Ini Jadi Unggulan

PALEMBANG, koranindonesia.id – Untuk menjadi salah satu pendorong perkembangan pariwisata, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengajukan empat subsektor ekonomi kreatif untuk dipilih Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi subsektor unggulan bagi kota kreatif Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, keempat subsektor ekonomi kreatif (ekraf) tersebut adalah kuliner, kriya, aplikasi dan film.

“Nantinya tim Bekraf melakukan uji petik terhadap empat subsektor tersebut dan akan terpilih satu subsektor, yang diharapkan bisa menjadi lokomotif untuk pengembangan sektor ekraf lainnya di Kota Palembang,” kata Isnaini Madani, Kamis (25/10/2018).

Isnaini mengatakan, pengajuan keempat subsektor tersebut dilakukan, berdasarkan potensi dan keunggulan yang dikembangkan pelaku ekraf Kota Palembang yang bergelut di bidang itu.

“Bicara kuliner, siapa yang tidak tahu pempek Palembang. Untuk kriya kita punya kerajinan songket, aplikasi ternyata banyak anak muda Palembang yang berprestasi mengembangkan games, sementara di film juga sudah banyak pembuat film di Palembang,” jelasnya.

Menurut Isnaini, upaya Bekraf menjaring dan menciptakan ekosistem subsektor ekraf khas Palembang, bisa membantu pemkot untuk memajukannya, yang bakal berdampak pula terhadap pariwisata kota ini.

Nantinya, kata Isnaini, setelah didapat hasil uji petik subsektor mana yang terpilih masuk di kotakreatif.id, Bekraf juga akan memberikan bantuan terhadap sektor tersebut seperti pelatihan dan pendampingan.

Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang (Aspek), Yeni Cek Molek mengatakan, pihaknya berharap subsektor kuliner dapat terpilih dalam program kota kreatif.

“Kami minta pertimbangkan kuliner terutama pempek, karena kami juga sudah berupaya mengajukan pempek ke UNESCO agar menjadi makanan lokal khas Palembang,” katanya.

(iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.