Banner sumsel

OPD Kota Palembang Digenjot Gali Sumber Dana Lain

PALEMBANG, Koranindonesia.id-Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang diminta Walikota Palembang Harnojoyo agar mampu menggali sumber pendanaan lain dalam membangun Kota Palembang.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, dalam pembangunan kota, OPD jangan hanya bergantung pada APBD kota saja. Hal ini sesuai dengan RPJMD yang merupakan arah pijakan bagi OPD dalam merumuskan program bagi kemajuan Kota Palembang. Semua program yang dilaksanakan OPD harus selaras dan berpedoman pada RPJMD.

“Untuk mencapai cita-cita ini masing-masing OPD jangan berkutat dengan sumber pendanaan APBD saja. Namun harus pula mampu menggali sumber pendanaan lain termasuk dana CSR,” ujarnya usai penyerahan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023, Selasa (7/5/2019).

Harnojoyo mengatakan, pembangunan Palembang ditunjang juga dari pendapatan pajak yang selama ini dihimpun.
Harnojoyo mengatakan, upaya optimalisasi pajak memang harus dilakukan dengan berbagai cara. Sebab saat ini target PAD naik Rp500 miliar dari tahun lalu yang hanya Rp748 miliar menjadi Rp1,3 triliun.

“Kedepan OPD harus lebih kreatif untuk membangun Palembang, sehingga pembangunan ini tidak hanya dari APBD saja,” ujarnya.

Harnojoyo meminta OPD untuk juga fokus mengembangkan kualitas sumberdaya manusia. Salah satunya dengan mendorong pegawai untuk meningkatkan strata pendidikan hingga strata 3. Dengan semakin banyak pegawai lulusan strata 3, diharapkan memberi pengaruh positif bagi kemajuan Kota Palembang.

“Bila perlu ada beasiswa untuk mendorong pegawai yang masih muda dan punya semangat untuk belajar untuk meneruskan S3,” imbuhnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.