Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Olahraga yang Menyenangkan Saat Puasa

 

Jakarta, Koranindonesia.id- Pernah dengar kata Mens sana in corpore sano? Yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk mendapat tubuh yang sehat kita harus berolahraga. Olahraga adalah salah satu yang menyenangkan bagi sebagian orang dan tidak menyenangkan juga bagi orang yang malas gerak dan tidak suka berkeringat. Suka tidak suka, olahraga sangat penting yang banyak diabaikan oleh banyak orang.

Ketika ada keluhan kesehatan barulah kita mau berolahraga.bahkan salah satu kegiatan yang wajib kita lakukan loh. RSUD Kajen menjelaskan kalau olahraga salah satu obat ajaib yang bisa kita peroleh tanpa mengeluarkan uang yang banyak tanpa biaya mahal. Mau berapa pun usia kita, menurut penelitian ilmiah bahwa aktivitas fisik dapat membuat Anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan juga bahagia. Para peneliti pun menjelaskan kalau gaya hidup yang tidak aktif atau malas ternyata lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas. Sepele tapi tidak bisa disepelekan ya guys.

Puasa sering dijadikan alasan kalau kita harus mengurangi gerak kita, karena kondisi tubuh yang lemah, ditambah Covid-19 membuat kita wajib memperhatikan protokol kesehatan agar jangan berkerumun. Karena biasanya olahraga akan tambah semangat kalau dilakukan beramai-ramai. Yups, kali ini alasan itu akan tersisihkan bila kalian berniat olahraga apa yang tepat saat berpuasa ini.

1. Bulu tangkis. Olahraga yang menyenangkan ini bisa kita lakukan dengan anggota keluarga kita di rumah. Tahukah kalian kalau olahraga satu ini diclaim mampu membakar kalori paling banyak dibanding dengan berlari, bola kaki dan menyelam? Kalori yang mampu dibakar saat kita bermain bulutangkis mencapai 450 kalori/jam. Nah, cukup bermain satu jam lemak yang membandel di tubuh bisa rontok ya. Hello Sehat juga menjelaskan kalau bermain bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak dan mampu meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak.

2. Plank. Olahraga satu ini memiliki gerakan sangat sederhana. Kita tidak membutuhkan alat apapun untuk melakukannya. Kalian cukup ambil posisi seperti push-up, bedanya adalah jadikan lengan bawah kalian sebagai penumpu/penahan tubuh kalian. Latihan plank ini sangat efektif untuk menguatkan otot panggul, punggung, pinggang, dan perut. Wajar saja ya kalau ingin perut terlihat sixpack lakukanlah plank dengan rutin.

3. Senam, olahraga ini pun sangat menyenangkan. Karena selain kita melakukan gerakan dengan mengikuti irama musik. Senam sangat membantu kita dalam seseorang meningkatkan kebugaran jasmani kita. selain itu senam juga di sinyalir mampu membantu kita dalam mengembangkan keterampilan juga menanamkan nilai mental spiritual. Selama puasa kita bisa melakukan senam di rumah, hanya dengan memilih jenis senam yang ingin kita lakukan dan kita dapat melihat panduannya dari youtube di gawai kalian guys.

4. Bersepeda. Olahraga yang lagi nge-trend saat ini ya. olahraga satu ini sangat recommended untuk anda yang baru mau berolahraga ya. olahraga ini juga merupakan olahraga pilihan yang low impact exercise dan juga minim risiko untuk cidera. Dengan bersepeda selama 30 menit dalam sehari serta mengurangi asupan kalori dapat menurunkan berat badan dan hasilnya sama dengan mengikuti senam aerobik tiga kali seminggu.

5. Jogging atau lari santai memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita dalam mengurangi lemak tubuh, membakar kalori, menjaga kesehatan jantung. Jogging juga ternyata mampu memperbaiki mood, meredakan stress, dan membuat tidur kitajadi lebih nyenyak.
Setelah membaca artikel di atas, masih malas untuk berolahraga dear? Jangan ya, apapun kondisinya, usahakan agar selalu berolahraga minimal 15 menit saja sehari untuk tubuh dan jiwa yang lebih sehat. (Tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.