Banner sumsel

ODGJ di Musirawas Capai 400 Jiwa

MUSIRAWAS,koranindonesia.id-Dinas Sosial Kabupaten Musirawas (Mura), mendata terdapat  400 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) selama tahun 2019, dan 20 orang diantara di pasung. ‎
Hal itu dikatakan, Kepala Dinsos Mura, Agus Susanto melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Muslimin.

“Memang ada 20 ODGJ yang di pasung, namun dua orang sudah dilepas dan dari 18 ODGJ di pasung ada satu orang yang berstatus remaja,” katanya, Selasa (23/4/2019).
Muslimin menjelaskan, satu remaja berinisial DS warga Muara Megang, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Mura, ‎terpaksa dipasung lantaran meresahkan warga dan takutnya membayakan orang lain.

DS mengalami gangguan jiwa, lantaran permasalahan ekonomi, yakni pernah bekerja dan mendapatkan gaji (uang), dan akan membeli baju dari hasil gajinya namun diduga dibelikan barang lain oleh orang tuanya.

“Selain itu, ditambah sering dibuli oleh warga tempat tinggalnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Muslim menjelaskan, khusus penderita ODGJ di Kabupaten Mura, pihaknya memberikan bantuan  berupa paket sembako diantaranya, beras, gandum, minyak, susu dan serta obat-obatan, namun khusus obatan diberikan pihak Dinkes.‎

Untuk tahun 2018, pihaknya sudah menyalurkan sebanyak 50 paket sembako, 20 paket dari anggaran daerah dan 30 paket dari provinsi. Sedangkan di tahun 2019 ada 20 paket dari anggaran daerah, sedangkan dari provinsi masih menunggu informasi. (San)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.