Banner Pemprov 2020
kopri

Ngeri..!! Formappi Bilang Kinerja Ketua DPR RI Seperti Juru Bicara Pemerintah

JAKARTA, koranindonesia.id – Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) penilaian, kinerja DPR pada Masa Sidang I Tahun Sidang 2020-2021 jauh dari kata maksimal.
Bahkan, Peneliti Formappi I Made Leo Wiratma mengatakan jika peran Ketua DPR RI Puan Maharani disebutnya hanya bertindak sebagai juru bicara pemerintah.

“Ketua DPR justru lebih berperan sebagai juru bicara pemerintah, penjaga juru terang lembaga yang dipimpinnya,” kata Leo dalam keteranganya kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Leo menuturkan kalau perwakilan Pimpinan DPR sebenarnya telah memberikan arahan yang benar bagi DPR dalam menjalankan fungsinya.

Namun, Leo menyebut peran dari DPR tidak terlihat ketika lembaga legislatif itu menuju arah yang salah.

“Pengawasan DPR dalam segala aspek biasa saja, bahkan cenderung sangat lunak,” tuturnya.

Leo memaparkan Di tengah minimnya kerja legislasi, DPR justru mempertontonkan kontroversi dengan membahas rancangan undang-undang yang menuai protes masyarakat. Bahkan di tengah pandemi Covid-19 yang tengah terjadi.

“Saking seringnya seolah-olah itu menjadi era normal baru bagi DPR. Alih-alih menunjukkan kerajinan yang meningkat, DPR justru keranjingan membahas RUU yang bersponsor, ”paparnya.

Selain itu, peran DPR dalam membahas anggaran juga tidak signifikan dan terbukti dari DPR yang berhasil menekan pemerintah untuk memperkecil pendapatan dan menurunkan belanja negara.

Di mana target pendapatan yang diajukan pemerintah sebesar Rp 1.776,4 triliun menjadi Rp 1.743, 6 triliun. Sementara, belanja negara dinaikkan dari Rp 2.747,5 triliun menjadi Rp 2.750,0 triliun.“Bukannya bertindak kritis dan belanja rakyat, tetapi justru sangat tepat bahwa setiap anggaran yang diajukan pemerintah,” pungkasnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.