Banner sumsel

Nasrun Umar Ketuai Tim Seleksi Jabatan Sekda Kota Pagar Alam

PALEMBANG, koranindonesia.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan H. Nasrun Umar melakukan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pertama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam Tahun 2019, bertempat di hotel Arista Palembang, Selasa (22/10).

Ketika ditemui disela-sela acara Sekda H. Nasrun Umar menegaskan, seleksi  terbuka jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Pagar Alam tersebut tetap mengacu pada Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Management ASN.

“Hari ini merupakan seleksi Administrasi setelah seleksi ini akan diadakan seleksi lanjuatan yaitu assesment yang akan dilakukan di Jatinangor,” tegas Sekda.

Menurut Nasrun, para calon Sekda Kota Pagaralam harus mengerti tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mengingat seorang Sekda  harus menjadi  penyambung antara  OPD  dengan Kepala Daerah. Dia juga menyebut setidaknya ada 12 tahapan yang harus dilalui untuk menentukan siapa yang berhak mengisi  Pimpinan Pratama Sekda Kota Pagar Aalam.

Tahapan tersebut diawali dengan tahapan pengumuman penerimanaan seleksi,  sehingga sampai penulisan makalah yang dilanjutkan dengan tahapan penilaian atau assessment.

“Penulisan makalah temanya ada tujuh  yang disiapkan, peserta seleksi akan memilih secara acak, kerahasian tema dijamin tidak ada peserta tes yang tahu. Tema isinya adalah sebagian besar tugas dan fungsi sebagai seorang Sekda membantu kepala daerah dan wakil kepala daerah,” ungkap sekda.

Dia menambahkan tes pembuatan makalah selama tiga  jam, minimal empat  halaman folio, peserta seleksi dipersilahkan menggunakan laptop atau tulis tangan. Setelah istirahat maka masuk pada tahapan ke sembilan  yakni peserta memaparkan apa yang mereka tulis di hadapan tim seleksi.

“Pada saat paparan akan ada Forum Group Discussion sebagai tahapan ke 10 yang isinya wawancara pansel dengan peserta seleksi, mereka harus mempertahankan apa yang mereka tulis. Tahapan ke 11 pansel melakukan rapat melakukan evaluasi terhadap hasil hari ini. Pada tahap ini akan ditentukan rangking 1 hingga rangking 3 yang akan disampaikan kepada Walikota,” tegasnya. (rel humas)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.