Banner Pemprov Agustus

NasDem Tegaskan Presiden Jokowi Bukan Atasan Parpol

JAKARTA, koranindonesia.id – Ketua DPP NasDem, Effendi Choirie, menegaskan bahwa tidak ada yang dilanggar Partai Nasdem dalam mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

Penegasan tersebut disampaikan Gus Choi, sapaan akrabnya, menanggapi rumor bahwa Presiden Joko Widodo tidak merestui langkah NasDem dalam mengusung Anies sebagai capres.

Menurut Gus Choi, bahwa tidak ada aturan hukum yang dilanggar. Apa yang dilakukan NasDem, justru bagian dari demokrasi di tanah air.

“Secara demokrasi juga apa yang dilanggar? Itu hak setiap partai politik untuk mencalonkan, untuk dicalonkan, untuk bermanuver kan?” kata Gus Choi saat dihubungi wartawan, Selasa (25/10/2022).

Langkah NasDem, lanjutnya, dilakukan sesuai dengan amanah konstitusi dalam menentukan calon presiden, dan tidak ada satu etika pun yang dilanggar dalam menentukan Anies sebagai calon presiden.

“Enggak ada yang dilanggar. Secara etika apa yang dilanggar?” tanyanya lagi.

Sementara menanggapi saran Jokowi saat menghadiri HUT ke-58 Partai Golkar agar partai tidak sembrono dalam menentukan calon presiden, Gus Choi menegaskan bahwa tidak ada keharusan bagi partai politik meminta saran dan masukan presiden untuk menentukan calon presiden.

“Presiden itu bukan atasan partai politik. Presiden itu bukan atasannya Pak Surya Paloh. Sebagai ketum partai kan justru presiden itu yang didukung antara lain dengan tanda tangan Surya Paloh sebagai ketum partai,” tutupnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.