Banner Pemprov 17 Agustus

NasDem Sebut Oposisi Bikin Demokrasi jadi Sehat

 

JAKARTA, koranindonesia.id  – Anggota MPR RI dari Fraksi NasDem, Syarief Abdullah Alkadrie, menegaskan, koalisi yang dibangun harus sesuai dengan platform yang sama. Seperti halnya NasDem yang mendukung Joko Widodo selama dua kali Pemilu Presiden karena mempunyai persamaan visi dan misi.

“Jadi koalisi dibangun tidak secara pragmatis. Bila pragmatis ini yang perlu dikritisi,” kata Syarie dalam diskusi Diskusi Empat Pilar MPR  “Rekonsiliasi Untuk Persatuan Bangsa” di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Menurut Syarief, bila ada partai yang memilih di luar koalisi pendukung pemerintahan, baginya itu tidak menjadi masalah. “Menjadi oposisi itu juga salah satu bentuk kebersamaan”, ucapnya di hadapan para wartawan yang hadir dalam acara itu. Dengan adanya oposisi menurutnya membuat demokrasi yang ada menjadi sehat dan bagus. “Menjadi bagus kalau ada pihak yang mengingatkan,” tegasnya.

Diakui Pemilu Presiden pada tahun 2019 berbeda dengan Pemilu Presiden sebelumnya. Pada Pemilu Presiden kali ini ada potensi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Isu-isu strategis disebut dikalahkan oleh isu-isu primordial.

“Bisa jadi hal ini untuk mengangkat emosional pendukung. Banyak informasi yang diplintir,”  tambahnya.

Untuk itu dirinya berharap agar rekonsiliasi yang dibangun bersifat makro, untuk kepentingan bangsa, kepentingan besar yang perlu dipersamakan. Dirinya kembali mengakui bahwa di antara masyarakat masih ada ketidakdewasaan dalam berpolitik di mana ada yang belum mengakui kekalahan.

Menyikapi hal demikian, perlu bersama untuk menghilangkan riak-riak. Menurutnya ke depan perlu membangun rasa kebersamaan. Selepas Pemilu Presiden diharap semua kembali ke aktivitas semula sembari memupuk rasa kebangsaan.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.